8 Jenazah Karyawan PTT Korban Penembakan KKB Diserahkan ke Keluarga

Polisi gelar prosesi penghormatan

Jakarta, IDN Times - Delapan jenazah karyawan PT Palapa Timur Telematika (PTT) telah diserahkan kepada keluarganya masing-masing. Mereka merupakan korban penembakan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) di Beoga, Papua.

Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Divisi Humas Polri, Kombes Gatot Repli Handoko, mengungkapkan, penyerahan jenazah delapan korban itu dipulangkan setelah selesai proses identifikasi dari RSUD Mimika.

"Delapan jenazah pekerja tower Palaparing Timur Telematika yang menjadi korban pembantaian oleh kelompok kriminal bersenjata (KKB) di Kampung Jenggeran, Distrik Beoga, Kabupaten Puncak pada 2 Maret 2022, diterbangkan ke daerah masing-masing hari ini," kata Gatot lewat keterangan tertulisnya, Selasa (8/3/2022).

Baca Juga: 8 Korban Tewas yang Ditembak KKB di Beoga Papua Berhasil Dievakuasi

1. Sebelum diterbangkan, kepolisian gelar prosesi penghormatan

8 Jenazah Karyawan PTT Korban Penembakan KKB Diserahkan ke KeluargaSatgas Damai Cartenz berhasil evakuasi 8 karyawan PTT yang tewas diserang oleh KKB. (dok. Humas Polri)

Sebelum dikembalikan ke keluarganya, kepolisian juga menyelenggarakan prosesi penghormatan bagi delapan korban. Gatot menyebut, upacara itu dilakukan dalam rangka penghormatan dan penghargaan tanda jasa.

"Kami juga telah melakukan prosesi penghormatan kepada delapan jenazah karyawan PTT, sebagai bentuk penghargaan tanda jasa kepada para pahlawan pembangunan di tanah Papua," ujar Gatot.

2. Daftar jenazah korban penembakan KKB di Beoga

8 Jenazah Karyawan PTT Korban Penembakan KKB Diserahkan ke KeluargaSatgas Damai Cartenz berhasil evakuasi 8 karyawan PTT yang tewas diserang oleh KKB. (dok. Humas Polri)

Delapan jenazah itu adalah Renal Tentua Tagasye (Ambon, Maluku), Bili Galdi Balion (Bandung), Ibo (Subang), Jamaluddin (Rangkas Bitung), Sharil Nurdiansyah dan Eko Septiansyah (Jakarta Pusat).

“Kemudian jenazah almarhum Bona Simanulang akan diberangkatkan menuju Palu, Sulawesi Tengah, dan jenazah Bebei Tabuni akan diberangkatkan menuju Ilaga, Kabupaten Puncak,” ujar Gatot.

Baca Juga: Polri: Karyawan PTT Beoga Diserang 10 KKB Kelompok Terry Aibon

3. KKB kelompok Terry Aibon diduga menyerang delapan karyawan PTT

8 Jenazah Karyawan PTT Korban Penembakan KKB Diserahkan ke KeluargaTentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Sebelumnya, Direskrimum Polda Papua Kombes Faizal Rahmadani mengatakan, pelaku penyerangan yang menewaskan karyawan PT Palapa Timur Telematika (PTT) di Beoga, Kabupaten Puncak, Rabu (2/3/2022) diduga berjumlah 10 orang.

Dari hasil penyelidikan sementara, pelaku penyerangan ke kamp PTT dipimpin Terry Aibon yang merupakan anak buah Nau Waker.

"Namun untuk lebih memastikan anggota masih melakukan pendalaman," kata Kombes Faizal dikutip ANTARA, Senin (7/3/2022).

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya