Comscore Tracker

Amien Rais Kembali Gembar-Gembor Partai Baru Meski Belum Ada Nama-Logo

Amien klaim partai barunya untuk melawan kezaliman

Jakarta, IDN Times - Pendiri Partai Amanat Nasional (PAN) Amien Rais serius mendirikan partai barunya, meski ia belum memberikan nama partai. Hal tersebut ia sampaikan melalui siaran langsung di YouTube Amien Rais Official, Kamis malam, 10 September 2020.

“Tentang nama, logo, dan AD/ART belum dapat diungkapkan sekarang,” ujar eks Ketua Dewan Kehormatan PAN itu.

Lalu, apa motif ayah Hanafi Rais itu mendirikan partai baru, yang beberapa bulan terakhir ini ia gembar-gemborkan?

1. Partai baru Amien terbentuk karena rasa kecewa

Amien Rais Kembali Gembar-Gembor Partai Baru Meski Belum Ada Nama-LogoAmien Rais saat menghadiri Musywil PAN Jatim, Minggu [12/1/2020]. (IDN Times/Fitria Madia)

Amien Rais bersikap kontra di PAN sejak Kongres V pada Februari lalu, yang memenangkan Zulkifli Hasan sebagai Ketua Umum PAN. Posisi Amien digantikan Soetrisno Bachir.

Kebencian Amien akan kepengurusan PAN berbuntut panjang, setelah PAN merapat ke pemerintah. Karena itu, menurutnya PAN tak lagi menjadi partai penyeimbang pemerintah sesuai tujuan awal dia, dan ia memutuskan membentuk partai baru.

“Saya dan sebagian sahabat-sahabat saya yang prihatin dengan perkembangan kondisi bangsa dan negara kita akhir-akhir ini, bahwa ada kebutuhan perlunya muncul sebuah partai baru,” ujar aktivis penggerak reformasi 98 itu.

Selain itu, Amien mengaku prihatin terhadap indikasi yang menunjukan Indonesia berada di ambang krisis. Krisis sosial, politik, dan ekonomi. “Ekonomi yang semakin buruk, suram dan bisa-bisa menuju resesi berat dan ke arah depresi, mudah-mudahan tidak ada."

"Karena itulah saya dan beberapa sahabat saya dari berbagai kalangan, bersepakat bulat segera mendeklarasikan partai baru,” kata Amien, lagi.

Baca Juga: Loyalis Zulhas: Kader PAN Jangan Memprovokasi Amien Rais

2. Asas partai baru Amien adalah Islam rahmatan lilalamin

Amien Rais Kembali Gembar-Gembor Partai Baru Meski Belum Ada Nama-LogoAmien Rais dalam sebuah diskusi publik. (IDN Times/Tunggul Kumoro)

Amien mengklaim partai barunya memiliki asas dan semboyan perjuangan yang akan membimbing aksi, kiprah, aktivitas, gerakan gebrakan, perjuangan, serta pengorbanan rakyat Indonesia semua.

“Asas partai adalah Islam rahmatan lilalamin. Islam melarang diskriminasi atas apa pun. Sementara semboyan kami adalah lawan kezaliman dan tegakkan keadilan,” ujar dia.

3. Nama partai baru Amien akan kembali dideklarasikan

Amien Rais Kembali Gembar-Gembor Partai Baru Meski Belum Ada Nama-LogoTokoh PAN Amien Rais (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Perihal nama dan logo, Amien meminta loyalisnya bersabar. Sebab, ia bersama beberapa tokoh lainnya sedang bermusyawarah untuk mendeklarasikan partai barunya.

“Yang jelas, jangan lupa asas kita nanti, Islam rahmatan lilalamin. Lawan kezaliman, tegakkan keadilan, merdeka!” tegas Amien.

Baca Juga: Hanafi Rais Mundur dari PAN, Amien Rais Siap Dirikan Partai Baru?

Topic:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya