Angelina Sondakh Berurai Air Mata saat Tinggalkan Lapas Perempuan

Angelina Sondakh minta maaf kepada orang tua dan anaknya

Jakarta, IDN Times - Angelina Patricia Pinkan Sondakh akhirnya menghirup udara bebas dari Lapas Perempuan Jakarta, Kamis (3/3/2022) pagi. Dari video yang beredar di media sosial, terlihat perempuan kerap disapa Angie itu keluar dari Lapas Perempuan Pondok Bambu Jakarta hari ini pada pukul 06.22 WIB dengan mengenakan setelan senada berwarna pastel.

Kaki kanannya mengawali langkah terpidana korupsi Wisma Atlet itu untuk kali pertama menginjak tanah di luar lapas. Terlihat, ia menggunakan sepatu berhak tinggi dengan kaus kaki merah marun.

Puteri Indonesia 2001 ini tampil berkerudung putih tulang bercorak gambar burung berbalut masker tiga warna cerah.

Blazer merah muda menyelimuti kaus putih bergambar wajahnya disertai tulisan 'after 10 years'. Kemudian celana ungu muda dan tas coklat menggantung di lengan kiri, membuatnya berpenampilan cerah.

1. Angie tak kuasa menahan tangis

Angelina Sondakh Berurai Air Mata saat Tinggalkan Lapas PerempuanMantan anggota DPR Angelina Sondakh (tengah) berbincang dengan petugas saat keluar dari Lapas Perempuan Kelas IIA Pondok Bambu, Jakarta Timur, Kamis (3/3/2022) (ANTARA FOTO/Iwan Fahad)

Istri almarhum Adjie Massaid ini akhirnya bisa meninggalkan rutan Pondok Bambu, Jakarta Timur setelah menjalani kurungan 10 tahun. Ia menyampaikan rasa syukur dan permohonan maafnya sambil berurai air mata.

“Alhamdulillah saya sudah dinyatakan bebas. Saya ingin meminta maaf kepada seluruh rakyat Indonesia setelah perbuatan saya, tidak patut ditiru, dicontoh, saya menyesal," ujar Angie yang tak kuasa menahan tangis sambil menyeka air mata.

“Saya berterima kasih kepada Allah yang sudah menampar saya sehingga saya harus dibina," imbuhnya.

Baca Juga: Bebas Penjara, Angelina Sondakh Minta Maaf dan Menyesal Pernah Korupsi

2. Angie menyampaikan permohonan maaf kepada orang tua dan anaknya

Angelina Sondakh Berurai Air Mata saat Tinggalkan Lapas PerempuanAngelina Sondakh (ANTARA/Puspa Perwitasari)

Selain kepada masyarakat, Angie juga meminta maaf kepada orang tua dan anaknya yang selama ini ia tinggalkan. Ia juga mengungkap penyesalannya.

“Saya minta maaf kepada orang tua saya di usia mereka yang sudah lanjut. Saya InsyaAllah akan membahagiakan orang tua. Saya berterima kasih kepada Keanu yang sudah kuat, tangguh, Mami menyesal, Mami minta maaf," kata dia.

3. Angelina dikeluarkan untuk menjalankan CMB 3 bulan

Angelina Sondakh Berurai Air Mata saat Tinggalkan Lapas PerempuanMantan anggota DPR Angelina Sondakh (tengah) berjalan keluar dari Lapas Perempuan Kelas IIA Pondok Bambu, Jakarta Timur, Kamis (3/3/2022) (ANTARA FOTO/Iwan Fahad)

Kepala Bagian Humas dan Protokol Direktorat Jenderal Pemasyarakatan Rika Aprianti mengatakan, Angelina Sondakh dibebaskan dari Lapas Perempuan Jakarta untuk mulai menjalankan program Cuti Menjelang Bebas (CMB) sebagai klien pemasyarakatan dengan bimbingan lanjutan Balai Pemasyarakatan Jakarta Selatan selama tiga bulan.

“Proses pegeluaran Angelina Sondakh dilakukan dengan protokol kesehatan yang telah ditentukan. Angelina Sondakh keluar lapas perempuan Jakarta Pukul 06.30 WIB,” ujar Rika lewat keterangan tertulisnya.

Semestinya, Angelina bebas pada 27 April 2022, apabila denda dan uang pengganti dibayar lunas. Namun, selama menjalani pidana Angelina Sondakh mendapatkan remisi Dasawarsa sebanyak tiga bulan berdasarkan Keputusan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia RI Nomor W.10-2598.PK.01.01.02 Tahun 2015 Tanggal 14 Agustus 2015 tentang Pemberian Remisi Dasawarsa Tahun 2015, remisi dasawarsa diberikan kepada seluruh narapidana.

“Angelina Sondakh dinilai telah memenuhi persyaratan administratif dan substantif untuk diberikan program CMB sebesar remisi terakhir paling lama tiga bulan yang jatuh pada tanggal 29 Oktober 2021, namun karena yang bersangkutan tidak membayar lunas sisa uang pengganti sebesar Rp4.538.027.278 subsider 4 bulan 5 Hari Penjara, maka tanggal menjalani CMB Angelina Sondakjh menjadi 3 Maret 2022,” kata dia.

Baca Juga: Membatik hingga Menghapal Al-Qur'an, Aktivitas Angelina Sondakh di Bui

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya