Arteria Curiga Pelaku Pembakaran Gedung Kejagung Cleaning Service

Arteria minta Jaksa Agung periksa rekening cleaning service

Jakarta, IDN Times - Anggota Komisi III DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Arteria Dahlan mendesak Jaksa Agung ST Burhanuddin, agar berhati-hati dengan keterangan saksi atas kebakaran gedung Kejaksaan Agung pada 22 Agustus 2020.

“Ada cleaning service yang diperiksa, apakah mungkin ada manipulasi keterangan,” kata Arteria dalam Rapat Kerja bersama Jaksa Agung, yang disiarkan langsung di TVR Parleman, Kamis (24/9/2020).

1. Arteria curiga petugas kebersihan bisa mengakses lantai enam Kejagung

Arteria Curiga Pelaku Pembakaran Gedung Kejagung Cleaning ServiceFoto aerial gedung Kejaksaan Agung RI setelah api berhasil dipadamkan (IDN Times/Reza Iqbal)

Arteria mencurigai salah satu petugas kebersihan yang mengakses lantai enam gedung Kejagung, padahal petugas kebersihan itu bertugas di lantai dasar gedung cagar budaya itu.

“Jaksa Agung harus curiga ada satu cleaning service dia kerja di lantai bawah bisa punya akses ke lantai enam, yang ditengarai dia bukan hanya cleaning service, dia bisa berbuat sesuatu,” kata dia.

Baca Juga: Dua Hari Terakhir, 29 Saksi Kebakaran Kejagung Diperiksa Penyidik

2. Arteria minta Jaksa Agung memeriksa rekening cleaning service

Arteria Curiga Pelaku Pembakaran Gedung Kejagung Cleaning ServiceFoto aerial gedung Kejaksaan Agung RI setelah api berhasil dipadamkan (IDN Times/Reza Iqbal)

Selain itu, Arteria meminta agar Jaksa Agung menyelidiki kebenaran bahwa petugas kebersihan yang dimaksud dia, memiliki uang berjumlah fantastis di rekening pribadinya.

“Apa benar rekeningnya di atas Rp100 juta itu cleaning service?” kata dia.

3. Arteria minta Jaksa Agung mengonfirmasi perubahan tampilan dari salah satu cleaning service

Arteria Curiga Pelaku Pembakaran Gedung Kejagung Cleaning ServiceFoto aerial gedung Kejaksaan Agung RI setelah api berhasil dipadamkan (IDN Times/Reza Iqbal)

Arteria juga mendesak Jaksa agung agar mengonfirmasi kabar petugas kebersihan itu telah mengubah penampilannya, dengan memangkas rambutnya hingga botak pelontos.

“Apa benar kalau dia diperiksa selalu didampingi oleh anak buahnya, mantan Jaksa Agung Muda lah itu, apa benar pak ada penampilan baru yang bersangkutan dibotakin? Hati-hati pak, sulit kalau mau cek DNA rambutnya sudah plontos,” ujar dia.

4. Polisi akan periksa tujuh saksi hari ini, termasuk petugas cleaning service

Arteria Curiga Pelaku Pembakaran Gedung Kejagung Cleaning ServiceBendera Merah Putih ikut hangus akibat gedung Kejagung terbakar pada Sabtu (22/8/2020) (IDN Times/Aryodamar)

Sebelumnya, Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri telah memeriksa 13 dari 131 saksi terkait kebakaran gedung Kejaksaan Agung. Sejauh ini 50 orang telah diperiksa, mulai dari jaksa hingga petugas kebersihan.

Dirtipidum Bareskrim Polri Brigjen Pol Ferdy Sambo mengatakan, pihaknya hari ini memeriksa tujuh orang. Mereka di antaranya jaksa, aparatur sipil negara (ASN) non-jaksa, dan petugas cleaning service. Mereka diperiksa sekitar pukul 13.00 WIB di Gedung Bareskrim Polri.

Baca Juga: Penyidik Periksa Saksi Tambahan Kebakaran Kejagung, Ada Ahli dan Jaksa

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya