Bamsoet: Pelaku Penyerangan di Mabes Polri Bukan Anggota Perbakin 

Basis Shooting Club sudah tidak terdaftar di Perbakin

Jakarta, IDN Times - Dewan Pembina Persatuan Berburu dan Menembak Seluruh Indonesia (Perbakin) Bambang Soesatyo, biasa disapa Bamsoet, memastikan pelaku penyerangan di Mabes Polri bukan anggota PB Perbakin.

“Setelah saya cek di database Perbakin yang bersangkutan tidak terdaftar. Dia bukan anggota Perbakin. KTA-nya keanggotaan club nembak airsoft gun,” kata Bamsoet saat dikonfirmasi, Rabu (31/3/2021).

1. Basis Shooting Club sudah tidak terdaftar di Perbakin

Bamsoet: Pelaku Penyerangan di Mabes Polri Bukan Anggota Perbakin Kartu yang diduga sebagai identitas pelaku penembakan di Mabes Polri pada Rabu (31/3/2021) (Dok. IDN Times/Istimewa)

Pelaku diketahui memiliki kartu anggota club Perbakin. Kartu tersebut bertuliskan ‘PERBAKIN Basis Shooting Club’.

“Basis Shooting Club sudah tidak tercatat lagi di Pengprov Perbakin DKI (sudah lama dibekukan karena tidak aktif),” kata Bamsoet dalam keterangan tertulisnya.

Baca Juga: [BREAKING] Teroris Perempuan Serang Mabes Polri, Dekati Ruang Kapolri

2. Anggota Perbakin harus masuk club

Bamsoet: Pelaku Penyerangan di Mabes Polri Bukan Anggota Perbakin Suasana Mabes Polri Setelah Peristiwa Penembakan Terduga Teroris pada Rabu (31/3/2021) (IDN Times/Ilyas Mujib)

Bamsoet mengatakan persyaratan utama menjadi anggota Perbakin harus menjadi anggota club menembak resmi Perbakin terlebih dahulu atau setidaknya sudah terdaftar di salah satu club di bawah naungan Perbakin.

Hal ini merupakan tahap awal proses anggota Perbakin dalam mengenal olahraga menembak, baik cara penggunaan senjata, safety untuk diri sendiri dan orang lain, hukum, tata tertib dan lain-lain.

“Setelah resmi menjadi anggota dan memiliki KTA Club maka harus ada surat rekomendasi kepada ketua club tersebut untuk menjadi anggota Perbakin dan harus mendapat rekomendasi sekurang-kurangnya dua orang anggota Perbakin yang masih aktif dan terdaftar sebagai pengurus,” kata Bamsoet.

3. Anggota club belum tentu anggota Perbakin

Bamsoet: Pelaku Penyerangan di Mabes Polri Bukan Anggota Perbakin Suasana Mabes Polri Setelah Peristiwa Penembakan Terduga Teroris pada Rabu (31/3/2021) (IDN Times/Ilyas Mujib)

Ketua Binpres PB Perbakin Sarozawato Zai memastikan terduga teroris yang menyerang Mabes Polri bukan anggota PB Perbakin.

“Ini bukan kartu anggota PB. Perbakin,” kata Sarozawato Zai kepada IDN Times saat dikonfirmasi soal foto kartu anggota Perbakin milik terduga teroris.

Sarozawato Zai sempat menunjukkan kartu anggota yang sah di Perbakin. Ia mengatakan bisa saja kartu tersebut merupakan kartu club yang belum tentu dia anggota Perbakin.

Namun demikian, ia pastikan nama dan kartu club tersebut tidak terdaftar di PB Perbakin.

“Kalau terdaftar clubnya paling di pengurus cabangnya tingkat kabupaten atau kota. Sepertinya kalau di PB Perbakin tidak ada nama club tersebut,” kata dia.

Baca Juga: [BREAKING] Senjata Api Terduga Teroris Penyerang Mabes Polri Disita Tim Gegana

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya