Banjir 18 Kelurahan di Jakarta, BPBD Kerahkan Ratusan Pompa 

DKI Jakarta akan diguyur hujan hingga Jumat

Jakarta, IDN Times - Banjir melanda sejumlah wilayah Provinsi DKI Jakarta pada Selasa (4/10/2022) pukul 16.00 WIB. Kejadian ini terjadi setelah hujan deras mengguyur dan menyebabkan luapan di beberapa kali sehingga menggenangi wilayah pemukiman dan jalan.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta langsung berkoordinasi dengan instansi terkait guna penanganan darurat seperti Dinas Sumber Daya Air (SDA), Dinas Bina Marga, Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Penyelamatan (Gulkarmat)untuk melakukan penyedotan genangan.

“Pengerahan pompa stasioner yang tersebar di sejumlah titik banjir, di antaranya 46 pompa di Jakarta Barat, 87 pompa di wilayah Jakarta Selatan, 40 pompa di Jakarta Timur, 95 pompa di Jakarta Pusat, dan 95 pompa di Jakarta Utara,” kata Kepala Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB, Abdul Muhari, lewat keterangan tertulisnya, Kamis (6/10/2022).

Baca Juga: Banjir Jakarta, Anies: Diselesaikan Secara Scientific Bukan Politik

1. BPBD DKI Jakarta klaim banjir berangsur surut

Banjir 18 Kelurahan di Jakarta, BPBD Kerahkan Ratusan Pompa Ilustrasi genangan air. (IDN Times/Jihad Akbar)

Selain itu, pompa mobile juga dikerahkan di sejumlah titik. Di antaranya 116 pompa di Jakarta Barat, 75 pompa di Jakarta Selatan, 93 pompa di Jakarta Timur, 64 pompa di Jakarta Pusat dan 109 pompa di Jakarta Utara.

“Hasil kaji cepat sementara, banjir sudah mulai berangsur surut di beberapa ruas jalan utama. Namun masih terpantau terdapat genangan di sejumlah lokasi. Distribusi logistik juga telah disalurkan sebagai pemenuhan kebutuhan dasar para warga terdampak,” kata Abdul.

Baca Juga: BPBD DKI Pastikan Banjir Jakarta Sudah Surut Semua

2. Ada 18 kelurahan terdampak banjir

Banjir 18 Kelurahan di Jakarta, BPBD Kerahkan Ratusan Pompa Warga Kompleks Jaka Kencana bersihkan lumpur pasca banjir, Kamis (2/1). (IDN Times/Dini Suciatiningrum)

BPBD DKI Jakarta juga melaporkan melalui Pusat Pengendalian Operasi (Pusdalops) BNPB bahwa tercatat sedikitnya 18 kelurahan terdampak di Jakarta Selatan, Jakarta Barat dan Jakarta Timur akibat hujan tersebut.

Di antaranya Petogogan, Pela Mampang, Bangka, Pejaten Barat, Pondok Pinang, Kalibata, Mampang Prapatan, Cipete Utara, Cipete Selatan, Gandaria Selatan, Kebon Jeruk, Kembangan Selatan, Kebon Pala, Duren Sawit, Pinang Ranti, Makasar, Cipinang Melayu, dan Cipinang Muara.

“Banjir setinggi 120 sentimeter itu berdampak pada 41 KK/177 jiwa. Sejumlah warga juga memilih untuk mengungsi di rumah kerabat ataupun masjid terdekat,” kata Abdul.

Baca Juga: Imbas Hujan Deras Guyur Jakarta, 80 RT Tergenang Banjir

3. DKI Jakarta akan diguyur hujan hingga Jumat

Banjir 18 Kelurahan di Jakarta, BPBD Kerahkan Ratusan Pompa Ilustrasi hujan (IDN Times/Besse Fadhilah)

Merujuk informasi prakiraan cuaca BMKG, hingga Jumat (7/10/2022) wilayah DKI Jakarta berpotensi hujan ringan hingga sedang disertai petir.

Sebagai antisipasi dan mencegah terjadinya banjir susulan, maka BNPB mengimbau kepada pemangku kebijakan di daerah bersama masyarakat dapat melakukan segala upaya yang merujuk pada mitigasi dan peningkatan kesiapsiagaan.

Salah satunya, warga dapat melakukan pengecekan secara berkala terhadap kenaikan debit air ketika hujan deras dan berdurasi lama. Hal ini dilakukan untuk menghindari potensi ancaman bahaya banjir di awal musim hujan. 

Baca Juga: Cuaca Hari Ini 6 Oktober 2022: Jakarta Hujan Ringan Siang dan Sore Hari

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya