BaraNusa Laporkan Natalius Pigai soal Rasisme ke Jokowi dan Ganjar

Laporan akan dilayangkan hari ini ke Polda Metro Jaya

Jakarta, IDN Times - Barisan Relawan Nusantara (BaraNusa) akan melaporkan mantan Komisioner Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) Natalius Pigai ke Polda Metro Jaya, Senin (4/10/2021). 

Laporan dibuat atas kasus dugaan rasisme orang Jawa kepada Presiden “Jokowi” Widodo dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

“Insyaallah jam 10 kita laporkan ke Polda Metro,” kata Ketua Umum BaraNusa Adi Kurniawan, Senin (4/10/2021).

Baca Juga: [CEK FAKTA] Benarkah Puan Minta Pigai Habisi Ganjar?

1. BaraNusa laporkan Natalius Pigai dengan lima sangkaan

BaraNusa Laporkan Natalius Pigai soal Rasisme ke Jokowi dan GanjarMantan Komisioner Komnas HAM Natalius Pigai (tengah) bersama Staf Pemantauan dan Penyelidikan Komnas HAM (ANTARA FOTO/Rossa Panggabean)

Adi menjelaskan, tudingan Natalius bermakna fitnah dan rasis. Tak tanggung-tanggung, ada lima poin yang bakal dilaporkan ke polisi terkait dugaan pelanggaran atas cuitan Natalius Pigai, dari pelanggaran Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE) hingga unsur-unsur provokasi.

"Kita melaporkan itu soal UU ITE, lalu pasal ujaran kebencian, ketiga pasal perbuatan tidak menyenangkan, keempat pasal penghinaan kepada kepala negara, dan kelima soal unsur-unsur provokasi. Jadi ada 5 poin itu terkait detailnya nanti tim hukum kami yang jelaskan," ujar dia.

2. Natalius Pigai diduga melakukan rasisme kepada Jokowi dan Ganjar

BaraNusa Laporkan Natalius Pigai soal Rasisme ke Jokowi dan GanjarGubernur Jateng Ganjar Pranowo (Dok. Humas Pemprov Jateng)

Natalius Pigai jadi sorotan karena diduga melakukan rasisme terhadap Presiden Jokowi dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. 

“Jgn percaya org Jawa Tengah Jokowi & Ganjar. Mrk merampok kekayaan kita, mereka bunuh rakyat papua, injak2 harga diri bangsa Papua dgn kata2 rendahan Rasis, monyet & sampah. Kami bukan rendahan. kita lawan ketidakadilan sampai titik darah penghabisan. Sy Penentang Ketidakadilan),” cuit Pigai lewat akun Twitternya @NataliusPigai2.

3. Natalius Pigai bantah melakukan rasisme

BaraNusa Laporkan Natalius Pigai soal Rasisme ke Jokowi dan GanjarANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Sementara, Natalius Pigai membantah telah melakukan rasisme kepada Presiden Jokowi dan Ganjar. Ia menjelaskan, cuitannya tak sama sekali membahas latar belakang suku.

“Saya katakan Orang Jawa Tengah Jokowi, Ganjar. Mana Rasis? Rasis itu suku. Jawa Tengah itu nama Provinsi, Wilayah Administratif, bukan suku. Yang tinggal di Provinsi Jawa Tengah itu hampir semua suku termasuk Papua, Bali, Sumatera dll. Sehingga tidak bisa katakan suku,” kata Natalius lewat keterangan tertulisnya. 

Natalius mengatakan, tak ada legalitas laporan polisi yang ditunjukkan kepadanya. 

“Jokowi dan Ganjar merasa ada tuduhan maka mereka sendiri yang melaporkan saya di polisi, tinggal saya buktikan tuduhan kepada Jokowi sebagai Presiden dan Ganjar sebagai Mantan Pimpinan Komisi II DPR RI yang memiliki hubungan langsung dengan Pemerintah Daerah Papua dan Otsus,” kata Natalius.

“Saya akan melaporkan tokoh-tokoh naional: Jokowi dkk sebagai pelaku rasis kepada Rakyat Papua dengan bukti otentik kepada polisi. Tinggal kami Rakyat Papua dan Rakyat Indonesia serta dunia akan menyaksikan polisi bertindak adil atau tidak,” sambungnya.

Baca Juga: Sahabat Ganjar Deklarasi Dukung Ganjar Pranowo Maju Pilpres 2024

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya