Comscore Tracker

[BREAKING] Komisi III Gelar Voting Pimpinan Baru KPK 2019-2023

Voting digelar usai fit and proper test

Jakarta, IDN Times - Anggota komisi III DPR tidak mau menunggu lama dalam menentukan pimpinan baru Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Usai menuntaskan uji kepatutan dan kelayakan terhadap 10 capim, mereka langsung menggelar rapat pleno. Tujuannya, untuk memilih lima pemimpin baru KPK periode 2019-2023.

Kendati proses seleksi capim menuai kritik dari banyak pihak, namun komisi III tak menggubris itu. Mereka tetap ngebut dan ingin secepatnya pimpinan baru KPK terpilih. 

”Kita telah menyelesaikan 10 calon pimpinan KPK. Kita akan skors 15-20 menit untuk menggelar rapat pleno tertutup. Kepada semua kapoksi dari masing-masing fraksi dimohon untuk masuk ke dalam ruangan yang sudah disiapkan," kata Aziz di Kompleks Parlemen, Jakarta, pada Kamis malam (12/9). 

Setelah menggelar rapat pleno, Aziz menyampaikan rapat akan kembali digelar secara terbuka kembali.

Pada tahun lalu, rapat pleno tidak menemukan kesepakatan sehingga penentuan capim KPK dipilih lewat voting. Anggota Komisi III Masinton Pasaribu sebelumnya menyebutkan, pemilihan akan dilakukan setelah Komisi III DPR selesai menggelar uji kelayakan dan kepatutan para capim KPK.

"Kami akan tuntaskan lima (pimpinan) dan kami akan pilih, insyaallah malam ini juga (diputuskan) kalau waktunya cukup," kata Masinton di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis (12/9).

Ia menyadari 10 nama daftar capim KPK itu banyak ditolak sejumlah elemen masyarakat. Kendati demikian, ia meyakini tim panitia seleksi capim KPK yang sebelumnya telah menyeleksi sudah bekerja dengan baik. 

Sementara, saat ini proses voting sedang berlangsung di ruang rapat komisi III. Proses pemilihan diharapkan bisa rampung pada Jumat dini hari (13/9) pukul 02:00 WIB. 

Mekanisme voting yakni masing-masing anggota komisi III harus melingkari di dalam kertas lima nama pimpinan. Namun, apabila mereka melingkari enam nama, maka suaranya dianggap tidak sah. 

Di tahapan pertama, anggota komisi III akan memilih lima nama. Apabila sudah terpilih lima nama, maka dilakukan voting tahapan kedua untuk menentukan siapa yang akan menjadi Ketua KPK. 

Berikut adalah profil dari 10 capim KPK yang mengikuti fit and proper test selama dua hari ini.  

[BREAKING] Komisi III Gelar Voting Pimpinan Baru KPK 2019-2023(Profil 10 capim KPK) IDN Times/Muhammad Arief

Ikuti terus perkembangan hasil voting dari pemilihan pimpinan baru KPK hanya di IDN Times ya.

Baca Juga: I Nyoman Wara Bantah Jadi Capim KPK Titipan Pemerintahan Jokowi

Topic:

  • Santi Dewi

Just For You