Dari Susu Gratis Hingga Melindungi Ulama, Ini Janji Manis Prabowo

Nih rangkuman janji kampanye Prabowo

Jakarta, IDN Times - Menjelang debat calon presiden (capres) pertama, masing-masing pasangan semakin gencar umbar janji, apa yang bakal mereka wujudkan jika kelak terpilih menjadi Presiden dan Wakil Presiden RI 2019-2024.

Capres petahana Joko ‘Jokowi’ Widodo menawarkan penyuntikan dana BPJS ketenagakerjaan, penurunan tarif tiket pesawat, penggratisan tarif jalan tol, hingga penaikan tunjangan bagi Babinsa.

Capres nomor urut 02 Prabowo Subianto tak mau kalah. Dalam pidato kebangsaan ‘Indonesia Menang’ di Jakarta Convention Center (JCC), Senin (14/1), ia memaparkan janji-janjinya. Lalu apa saja janji Prabowo?

1. Susu gratis dan KB untuk mencegah Indonesia jalan di tempat

Dari Susu Gratis Hingga Melindungi Ulama, Ini Janji Manis Prabowoinstagram/prabowo

Janji-janji tersebut antara lain, komitmen pemberian susu gratis bagi anak sekolah--yang biasa disebut revolusi putih, hingga penaikan gaji pegawai pemerintah di wilayah terpencil, hakim, dan aparat keamanan. Di hadapan ribuan pendukungnya, Prabowo juga menjanjikan program Keluarga Berencana (KB) akan dijalankan serius.

Pemberian susu gratis bagi siswa, menurutnya, akan diberikan untuk mencegah anak mengalami stunting (gagal tumbuh). Sedangkan KB, akan digalakkan kembali untuk mencegah Indonesia dilanda ledakan populasi. "Ini agar kita tidak berjalan di tempat," kata Prabowo.

2. Perjuangkan calon jemaah haji dan umrah

Dari Susu Gratis Hingga Melindungi Ulama, Ini Janji Manis PrabowoMenag Lukman Hakim Saifuddin bersama jemaah haji 2018 (Kemenag.go.id)

Tak hanya itu, ia juga berjanji akan membangun gedung asrama Indonesia untuk kebutuhan haji dan umrah. Prabowo mengaku akan bernegosiasi langsung dengan pihak Arab Saudi untuk mewujudkan janjinya tersebut.

Lebih lanjut, para calon jemaah agar biaya haji dan umrah semakin murah. Caranya, dengan memberdayakan lembaga tabung haji. "Sehingga haji dan umrah terjangkau untuk seluruh rakyat Indonesia," katanya.

3. Bank tani nelayan sampai kenaikan gaji aparatur sipil negara

Dari Susu Gratis Hingga Melindungi Ulama, Ini Janji Manis PrabowoANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Selain itu dia menjanjikan keberadaan bank tani nelayan untuk membantu akses permodalan mereka. "Ada yang bertanya ke saya dan Sandiaga, apa tidak terlalu ambisius? Saya jawab, kita harus melakukan ini," kata Prabowo.

Ia menjelaskan, kenaikan gaji pegawai di daerah sulit, hakim, hingga aparat Polri dan TNI penting lantaran menurut Prabowo mereka lah urat nadi bangsa Indonesia.

Baca Juga: Fahri Hamzah Sebut Pidato Kebangsaan Prabowo Gagal

3. Memberi kepastian hukum bagi pengemudi ojek online

Dari Susu Gratis Hingga Melindungi Ulama, Ini Janji Manis PrabowoRofia Ismania Sarti

Selain itu, dia juga menjanjikan peningkatan penghasilan dan kualitas hidup bagi guru honorer, tenaga kesehatan, juga mereka yang bekerja di sektor non formal di jalan raya--salah satunya pengemudi ojek online (ojol). Kesejahteraan pengemudi bus hingga moda transportasi lainnya juga tidak luput dari janjinya.

"Kami akan beri kepastian hukum bagi para ojol," kata Prabowo yang disambut riuh para pengemudi ojol yang hadir pada saat pidato kebangsaan yang digelarnya. 

4. Tidak ada kriminalisasi ulama

Dari Susu Gratis Hingga Melindungi Ulama, Ini Janji Manis PrabowoIjtima Ulama 2

Baca Juga: Prabowo Sebut Garuda Bangkrut, Begini Tanggapan Dirut Ari Ashkara

Prabowo menyebut tidak akan ada lagi kriminalisasi kepada ulama dan pemuka agama jika ia terpilih menjadi presiden. Menurut dia, ulama merupakan salah satu pihak yang berperan dalam perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia.

"Kami akan pastikan semua agama terutama ulama kita dihormati dan bebas dari ancaman kriminalisasi dan persekusi," pungkasnya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya