Densus 88 Tangkap Teroris Agus yang Kabur dari Polda Babel

AS ditangkap bersama dua orang rekannya

Jakarta, IDN Times - Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror akhirnya berhasil menangkap terduga teroris jaringan Jemaah Ansharut Daulah (JAD) Agus Setianto (41) alias AS. Terduga teroris itu sebelumnya melarikan diri dari ruang pemeriksaan Polda Bangka Belitung (Babel) pada Kamis (1/7/2021).

Agus ditangkap di Kampung Kace, Mendo Barat, Kabupaten Bangka, pada Senin (5/7/2021).

“Tersangka teroris yang melarikan diri berhasil ditangkap kembali oleh Densus 88 Antiteror,” kata Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan saat dihubungi, Selasa (6/7/2021).

1. Agus ditangkap bersama dua orang rekannya

Densus 88 Tangkap Teroris Agus yang Kabur dari Polda BabelDensus 88 menggeledah kediaman Agus Setianto di Bangka Belitung dan mendapatkan senjata api beserta ratusan peluru berbagai ukuran. (dok. Humas Polda Babel)

Ramadhan menjelaskan, Agus ditangkap bersama dua orang yang membantunya untuk bersembunyi. Selanjutnya, Agus dan dua orang tersebut langsung dibawa ke Polda Babel. 

“Ditangkap oleh tim Densus 88 dan tim gabungan Reskrim dan Intel Polda Babel,” ujar Ramadhan.

Baca Juga: Densus 88 Tangkap 3 Terduga Teroris di Jakarta dan Bangka Belitung

2. Agus kabur dari ruang pemeriksaan Polda Babel

Densus 88 Tangkap Teroris Agus yang Kabur dari Polda BabelTerduga Teroris Agus Setianto yang ditangkap di Bangka Belitung. (dok. Humas Polri)

Sebelumnya, Agus kabur dari ruang pemeriksaan Polda Babel pada Kamis (1/7/2021). Kabar tersebut dibenarkan Kapolda Bangka Belitung (Babel) Irjen Anang Syarif Hidayat. 

“Masyarakat agar tetap tenang dan tidak melindungi karena akan dikenakan UU Teroris apabila melindungi. Jika melihat ciri-ciri seperti foto tersebut agar melapor ke Kepolisian terdekat dan kepada rekan-rekan wartawan dapat melaporkannya ke Humas Polda,” kata Kabid Humas Polda Babel, Kombes Maladi, kepada IDN Times, Jumat (2/7/2021).

Maladi mengatakan, pada Kamis pukul 23.00-02.30 WIB, tim penyidik melakukan pemeriksaan terhadap Agus. Agus diamankan di ruang pemeriksaan sebelum dilanjutkan pemeriksaan pada pagi harinya. 

Agus dijaga oleh empat anggota Satgaswil yang ditunjuk atas nama Bripda Tri Wahyudi, Bripda Hafis, Bripda Fadhil, dan Bripda Yudha. Agus saat itu masih dalam kondisi kaki dirantai dan tangan diborgol menggunakan borgol ties. 

“Sekitar pukul 03.30 WIB anggota yang jaga mengecek ke dalam ruangan tempat di mana tersangka ditempatkan ternyata sudah tidak ada di tempat, dan borgol rantai dan borgol ties kali sudah lepas tertinggal di lantai,” katanya.

3. Agus kabur melalui jendela

Densus 88 Tangkap Teroris Agus yang Kabur dari Polda BabelDensus 88 menggeledah kediaman Agus Setianto di Bangka Belitung dan mendapatkan senjata api beserta ratusan peluru berbagai ukuran. (dok. Humas Polda Babel)

Polisi langsung melakukan pencarian dan pengejaran yang melibatkan personel Satgaswil, Jatanras dan Ditintel Polda di sekitar Polda. Dilanjutkan dengan penyisiran hutan di seputar belakang Polda.

Berdasarkan pantauan CCTV, diketahui Agus melarikan diri sekitar pukul 03.00 WIB. Terduga teroris itu keluar melalui jendela dan kabur ke daerah belakang Polda.

Baca Juga: Terduga Teroris AS Kabur dari Polda Babel, Borgolnya Tertinggal  

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya