Fahri Hamzah Dukung Jokowi Bangun Istana Kepresidenan di Papua

Bahkan ia dukung Jokowi pindahkan ibu kota ke Papua

Jakarta, IDN Times - Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah sangat setuju dengan rencana Presiden Joko “Jokowi” Widodo membangun Istana Kepresidenan RI di Papua. Rencananya, pembangunan akan dimulai pada 2020.

“Usulan membangun istana presiden itu sudah saya lontarkan cukup lama, bahkan kalau ada usulan pemindahan Ibu Kota ke Papua, malah saya lebih setuju,” kata Fahri di Gedung DPR, Jakarta, Selasa (10/9).

1. Fahri sebut wacana istana di Papua sejalan dengan visi Jokowi

Fahri Hamzah Dukung Jokowi Bangun Istana Kepresidenan di PapuaANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay

Rencana ini dinilai sejalan dengan visi Jokowi yang ingin membuat poros maritim. Sementara, Papua sangat layak lantaran memiliki wilayah besar setelah Australia di Pasifik.

“Karena itu Papua sangat penting sekali ada kehadiran fisik. Jadi dengan dibukanya istana di Papua, itu kehadiran simbolik yang baik sekali,” ujarnya.

2. Fahri usul aktifkan kembali Biak

Fahri Hamzah Dukung Jokowi Bangun Istana Kepresidenan di PapuaIDN Times/Lia Hutasoit

Dia mendorong agar pembangunan itu segera direalisasikan. Ini bertujuan agar Jokowi lebih sering berkunjung ke Papua. “Paling tidak dia bagi tugaslah dengan wapres, satu jaga Asia satu jaga Pasifik,” katanya.

Hal ini dikarenakan, wilayah pasifik lebih besar. Terlebih lagi, dulu Kepulauan Biak, Papua adalah bandara Internasional, tapi sekarang sudah tidak ada. “Menurut saya aktifkan lagi Biak,” ujarnya.

Baca Juga: Tokoh Adat Minta Bangun Istana di Papua, Jokowi: Tahun Depan Dibangun

3. Fahri juga usul tiga langkah politik

Fahri Hamzah Dukung Jokowi Bangun Istana Kepresidenan di PapuaIDN Times/Muhammad Khadafi

Fahri juga mengusulkan tiga langkah politik untuk Jokowi, yakni membangun Istana Kepresidenan, menghidupkan lagi Biak, dan melakukan pemekaran.

“Karena Papua itu terlalu besar. Sehingga pengelolaan masyarakat itu jauh lebih intensif, paling tidak enam provinsi dan beberapa kabupaten kota harus dihidupkan segera,” ucap Fahri.

4. Demokrat juga dukung wacana Jokowi

Fahri Hamzah Dukung Jokowi Bangun Istana Kepresidenan di PapuaIDN Times/Irfan Fathurohman

Sekjen Demokrat, Hinca Pandjaitan, juga mendukung penuh langkah Presiden Jokowi membangun Istana kepresidenan di Papua. Apalagi, jika rencana jika sudah dipikirkan dengan baik.

“Demokrat mendukung secara penuh (pembangunan istana di Papua),” kata Hinca di Jakarta, Selasa (10/9).

Dia mengatakan, terkait masalah di Bumi Cenderawasih itu memang membutuhkan dialog dan bersentuhan secara langsung dengan masyarakat Papua. Maka itu, dengan adanya istana di Papua maka akan menjadi salah satu jalan baik.

“Kuncinya dialog dan ketulusan, dan bicara kepada masyarakat di sana,” kata Hinca.

Baca Juga: Bertemu Tokoh Papua dan Papua Barat di Istana, Ini Janji-Janji Jokowi

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya