Gempa Magnitudo 4,5 Kembali Guncang Sumedang

Gempa dipicu sesar aktif yang belum terpetakan

Jakarta, IDN Times - Sumedang kembali diguncang gempa pada Senin (1/1/2024) pukul 20.46 WIB. Dikutip dari akun Twitter BMKG @infoBMKG, gempa kali ini berkekuatan Magnitudo 4,5.

Lokasi gempa berada di 6,82 Lintang Selatan, 107,93 Bujur Timur atau 4 kilometer Timur Laut Kabupaten Sumedang dengan kedalaman 10 kilometer.

Sebelumnya, Sumedang diguncang tiga kali gempa pada 31 Desember 2023. Gempa pertama M 4,1 pukul 14.35 WIB, kedua M 3,4 pukul 15.38 WIB, dan ketiga M 4,8 pukul 20.34 WIB.

BMKG mengungkapkan, gempabumi di Sumedang dipicu sesar aktif yang belum terpetakan.

"Wilayah Sumedang merupakan kawasan rawan gempa karena lokasi yang berdekatan beberapa jalur sesar aktif seperti sesar lembang, sesar baribis, dan sesar aktif lainnya yang belum teridentifikasi dan terpetakan," kata Kepala BMKG Dwikorita Karnawati dalam konferensi pers di kanal YouTube BMKG, Senin (1/1/2024).

Dwikorita mengatakan, gempabumi di Sumedang tergolong gempa dangkal. Hasil analisis menunjukkan, gempa memiliki mekanisme pergerakan geser atau strike slip.

"Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenternya, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempa bumi dangkal, yang dipicu aktivitas sesar aktif. Namun, untuk hasil akhir lebih mendalam yang didukung oleh data lapangan, hasil analisis mekanisme menunjukkan bahwa gempa bumi memiliki mekanisme pergerakan geser (strike-slip)," kata Dwikorita.

Baca Juga: BMKG: Gempa Beruntun Sumedang Disebabkan Sesar Lokal Aktif

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya