Gerindra Dukung Jokowi Pindahkan Ibu Kota ke Paser Utara dan Kukar

DPR telah menerima kajian pemindahan ibu kota

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Partai Gerindra Ahmad Riza Patria mendukung pemindahan Ibu Kota Negara (IKN) ke Kalimantan Timur, tepatnya di Kabupaten Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. Ia menilai Jakarta sudah terlalu padat penduduk.

“Prinsipnya kita memahami, mengerti, dan mendukung perlunya pemindahan ibu kota karena di Jakarta dirasa sudah padat, macet, banjir, ada polusi. Tapi proses pemindahan Jakarta itu harus dilakukan dengan ketentuan dan berbagai syarat,” kata Riza saat dihubungi, Jakarta, Senin (26/8).

Namun, menurut Riza, pemindahan ibu kota lebih dahulu harus melalui syarat utama. Di antaranya didukung aspek legalitas. Sampai saat ini pemindahan ibu kota dinilai belum memenuhi aspek tersebut, karena belum disampaikan ke DPR.

“Harusnya sejak perencanaan yang baik itu harus disampaikan dan dibicarakan dengan DPR sebagai wakil rakyat. Karena keputusan pemindahan ibu kota adalah keputusan penting dan strategis nasional,” ujar dia.

Sementara, Sekjen DPR RI Indra Iskandar menyatakan Presiden Joko “Jokowi” Widodo telah mengirim kajian tentang pemindahan ibu kota ke DPR RI.

“Iya, sudah tadi pagi saya yang terima. Sedang dibahas sekarang. Besok akan dibawa ke paripurna,” kata Indra saat sihubungi, Jakarta, Senin.

Baca Juga: Tak Setuju Jokowi Pindahkan Ibu Kota, Fahri Hamzah: Banyak Penjilat!

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya