Gibran akan Dekatkan Lokasi Produksi Pupuk dengan Lahan Pertanian

Dia ingin meningkatkan produktivitas pupuk

Jakarta, IDN Times - Calon wakil presiden (Cawapres) nomor urut 02, Gibran Rakabuming Raka akan mendekatkan lokasi produksi pupuk dengan lahan pertanian. Hal itu diungkap dalam memaparkan strateginya menghadapi dampak perubahan iklim terhadap produksi dan gizi pangan.

“Kuncinya eksistensifikasi lahan, kemarin kita bangun pabrik pupuk di Fakfak, kuncinya genjot produktivitas kita dekatkan pupuknya dengan lahan pertanian, kuncinya pupuk, otomatis produksi pertanian meningkat,” kata Gibran dalam debat cawapres di JCC, Jakarta pada Minggu (21/1/2024).

Putra sulung Presiden Joko “Jokowi” Widodo itu menegaskan bahwa dirinya ingin meningkatkan produktivitas pupuk. Ia juga akan melibatkan anak muda melalui smart farming.

Menanggapi hal tersebut, Cawapres Mahfud MD singgung berkurangnya lahan pertanian.

“Lahan berkurang, petani berkurang, orang desa tidak mau jadi petani lagi. Problem-nya bagaimana penegakan aturan itu,” kata dia.

Wapres Muhaimin Iskandar alias Cak Imin juga ikut menanggapi pernyataan Gibran.

“Terima kasih pak Gibran yang anda sampaikan, hanya mengulang apa yag saya sampaikan. Antara suplai kita punya potensi, undang-undang petani kita lengkap, kemauan politik dan kesungguhan tidak mengabaikan petani itu yang penting,” ujar Cak Imin.

Baca berita terbaru terkait Pemilu 2024, Pilpres 2024, Pilkada 2024, Pileg 2024 di Gen Z Memilih IDN Times. Jangan lupa sampaikan pertanyaanmu di kanal Tanya Jawab, ada hadiah uang tunai tiap bulan untuk 10 pemenang.

Topik:

  • Jujuk Ernawati

Berita Terkini Lainnya