Hakim Cecar Ricky Rizal: Cerita Kamu tidak Masuk Akal Semua

Kamu berkorban masa depan anak-anakmu buat nutupin ini semua

Jakarta, IDN Times - Ketua Majelis Hakim, Akhmad Suhel cecar terdakwa Ricky Rizal soal kronologi pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J. Sebab, hakim menemukan ketidakselarasan cerita Ricky dengan Bharada E.

Ketidakselarasan itu antara lain soal peristiwa pembunuhan Brigadir J di rumah dinas Duren Tiga dan rencana pembunuhan bersama Ferdy Sambo di rumah Saguling Duren Tiga.

Dalam pengakuannya, Ricky klaim tidak melihat Ferdy Sambo menembak Brigadir J. Selain itu, ia tidak mengakui jika telah merencanakan pembunuhan sejak di Saguling bersama Sambo.

“Kamu ga sayang sama anak-anakmu?”

“Sayang Yang Mulia.”

“Kamu berkorban untuk nutupin ini semua?” tanya Hakim.

“Siap tidak Yang Mulia,” kata Ricky.

“Jangan dipotong dulu.”

“Siap Yang Mulia.”

“Kamu berkorban masa depan anak-anakmu untuk nutupin ini semua, sampai hari ini kamu masih nutupin kaya gini,” ujar Hakim kembali mengingatkan Ricky.

Dalam momen inilah, hakim ungkap Ricky berbohong atas semua kronologi yang ia ceritakan dalam persidangan.

“Seolah-olah saya percaya dengan cerita kamu, dari tadi saya diemin aja cerita kamu. Saya tahu kapan kamu bohong kapan enggak. Cerita kamu ga masuk di akal semua. CCTV jelas, bukti CCTV jelas. Bagaimana kamu bercerita seperti itu tapi di sisi lain kamu ikut bisa ketika diperiksa di Provos bisa menceritakan detail apa yg terjadi, itu kan ga masuk di akal,” kata Hakim.

“Cobalah kamu ingat anak istrimu. Mereka disana mendoakan semoga kamu bisa mendapatkan keringanan tapi dengan begini kamu mencoba mengaburkan semua peristiwa itu, saya ingatkan kepada saudara, saya ndak butuh pengakuan saudara karena dari awal jelas, kasus ini terbuka bisa sampai lanjut persidangan ini, karena kesaksian dari Eliezer. Bukan kesaksian saudara. Tapi kalau buat cara mu berbohong seperti ini, saya cuma ingetin saudara kasihan anak istrimu dirumah paham?”

“Paham Yang Mulia,” jawab Ricky.

“Kamu menutupi segala sesuatu yang sudah terjadi, masih kamu tutupin di persidangan ini. Kalau saudara bercerita begitu, bagaimana saudara bercerita di depan provos skenario spt itu. Bahwa saudara menghindar saat Richard menembak tembak dengan Yosua. Bgmana saudara bisa bercerita seperti itu? Dengan terangnya saksi yang disampaikan oleh polres Jaksel kemarin. Dari awal saudara sudah tahu skenarionya seperti ini.”

“Paham?”

“Siap Yang Mulia,” kata Ricky.

“Dari peristiwa saydara meninggalkan rumah Magelang sampai di rumah Saguling, itu cerita saudara sudah tidak masuk di akal. Kami mengingatkan keterangan saksi-saksi lain. Saudara ini hanya bersaksi untuk mereka berdua. Tapi seolah-olah saydara ingin tidak terlibat. Saudara gatau apa-apa, kalau saudara ngomong kaya gitu seharusnya dari awal saudara ngaku ini lho faktanya spt ini, tapi kan saydara ikut membuat skenario ini,” pungkas hakim.

Baca Juga: Ricky Rizal Akui Dirayu Putri Candrawathi buat Jadi Ajudan Ferdy Sambo

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya