Holywings Dilaporkan ke Polisi Gegara Promo Miras Muhammad dan Maria

Polda Metro terima laporan laporan HAMI

Jakarta, IDN Times - Himpunan Advokat Muda Indonesia (HAMI) melaporkan manajemen Holywings ke Polda Metro Jaya, Kamis (23/6/2022). Laporan ini dibuat terkait promo minuman keras (miras) Muhammad dan Maria.

Ketua HAMI, Sunan Kalijaga menjelaskan, dalam perkara ini, Holywings diduga melakukan penistaan agama.

“Saya bersama tim Himpunan Advokat Muda Indonesia sudah melaporkan adanya dugaan penistaan agama yang kami duga dilakukan oleh salah satu manajemen kafe," ujar Sunan Kalijaga dalam keterangan tertulisnya, dikutip pada Jumat (24/6/2022).

Baca Juga: Holywings Minta Maaf Promo Alkohol Catut Nama Muhammad dan Maria

1. Holywings dilaporkan atas dugaan SARA

Holywings Dilaporkan ke Polisi Gegara Promo Miras Muhammad dan MariaHolyWings Yogyakarta (Google Maps/MUK Alamery)

Sunan menjelaskan, Holywings dilaporkan atas dugaan ujaran kebencian terhadap individu atau kelompok berdasarkan suku, agama, ras, dan antargolongan (SARA).

Terlapor disangkakan dengan Pasal 28 Ayat 2 juncto Pasal 45 Ayat 2 Undang-Undang Informasi dan Transaksi Elektronik (UU ITE), dan atau Pasal 165 a Kitab Undang-Undang Hukum Pidana (KUHP).

"Kami sangat menyayangkan promo tersebut yang jelas-jelas terpampang nyata melukai hati umat muslim dan nasrani," kata Sunan.

Baca Juga: Kronologi Lengkap Polisi Tembak Polisi di Makamhaji Sukoharjo

2. Polda Metro terima laporan HAMI

Holywings Dilaporkan ke Polisi Gegara Promo Miras Muhammad dan MariaKabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Laporan tersebut teregistrasi dengan nomor LP/B /3135/VI/2022/SPKT/Polda Metro Jaya. Dalam laporan itu, pihak pelapor bernama Firmansyah yang merupakan anggota HAMI.

“Iya benar, sudah ditangani oleh Direktorat Reserse Kriminal Khusus Polda Metro Jaya," kata Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan saat dihubungi.

3. Holywings sampaikan permohonan maaf

Holywings Dilaporkan ke Polisi Gegara Promo Miras Muhammad dan Mariapotret promosi Holywings (Brainstudy.info)

Sebelumnya, Holywings meminta maaf usai membuat promo kontroversial melalui media sosial. Bar sekaligus tempat hiburan malam itu membuat kehebohan usai memposting promosi yang mencatut nama Muhammad dan Maria.

“Terkait dengan viralnya unggahan kami (Holywings Indonesia) menyangkut promosi dengan menggunakan nama ‘Muhammad & Maria’, kami telah menindaklanjuti pihak tim promosi yang membuat promosi tersebut tanpa sepengetahuan manajemen Holywings Indonesia dengan sanksi yang sangat berat.

Tidak sampai maksud hati kami untuk mengaitkan unsur agama kedalam bagian dari promosi kami, oleh karena itu kami meminta maaf yang sebesar-besarnya kepada seluruh masyarakat Indonesia.

Terimalah permohonan maaf kami dan izinkanlah kami untuk memperbaiki hal ini serta menjadi lebih baik lagi kedepannya,” tulis Holywings.

Dari pantauan IDN Times, Kamis (23/6/2022) malam, unggahan tersebut sudah tidak terlihat di akun Instagram @holywingsindonesia.

Berdasarkan penelusuran di media sosial Twitter, Holywings membuat promo bertuliskan ajakan kepada orang-orang bernama Muhammad dan Maria untuk datang ke Holywings.

"DICARI! yang punya nama Muhammad & Maria KITA KASIH GORDON'S DRY GIN ATAU GORDON'S PINK GRATIS," tulis promo yang tersebar di Twitter.

Baca Juga: Kronologi Penganiayaan Bryan Yoga di Holywings Jogja

Topik:

  • Hana Adi Perdana

Berita Terkini Lainnya