Janji Cak Imin Jika Terpilih di Pilpres 2024: Dana Desa Rp5 Miliar

Cak Imin akan naikkan dana desa dari Rp2 miliar jadi Rp5 M

Jakarta, IDN Times - Bakal calon wakil presiden Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin, mengumbar janjinya jika kelak terpilih menjadi wapres pada Pilpres 2024. Janji Cak Imin yaitu menaikkan dana desa dari Rp2 miliar menjadi Rp5 miliar per desa.

Janji itu disampaikan Cak Imin di depan ulama, masyarakat, dan santri di Pondok Pesantren Al Aqobah Tebuireng, Jombang, Jawa Timur, Minggu (10/9/2023).

“Kalau saya nanti sama mas Anies menang, insyaAllah akan ada perubahan drastis di dalam pengelolaan-pengelolaan aset dan kekayaan negara bagi percepatan kemakmuran negara. (Pada) 2023 berhasil Rp2 miliar, insyaAllah 2024 tiap desa bisa sampai Rp5 miliar per desa,” ujar Cak Imin disambut sorak pendukungnya.

Baca Juga: Ketua PBNU Dukung Cak Imin: Ini Arek Jombang Cawapres Masuk Istana

1. Cak Imin optimistis bisa menaikkan dana desa jadi Rp5 miliar

Janji Cak Imin Jika Terpilih  di Pilpres 2024: Dana Desa Rp5 MiliarCak Imin temui Ketua PBNU, KH Hasib Wahab Hasbullah (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Cak Imin menjelaskan, Indonesia memiliki alam  yang kaya raya dengan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) yang besar. Menurutnya, Rp5 miliar bukan harga mahal untuk memajukan ekonomi desa.

“Bayangkan dulu tiap desa cuma Rp250 juta, di tangan Pak Halim (Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi, Abdul Halim Iskandar) bisa melonjak langsung jadi Rp2 miliar per desa,” kata Cak Imin.

“Ini contoh APBN. Cuman menteri aja bisa jualan kayaknya miliar, apalagi wapres atau presiden,” imbuhnya.

2. Cak Imin pastikan dana desa meningkat di 2024

Janji Cak Imin Jika Terpilih  di Pilpres 2024: Dana Desa Rp5 MiliarKetua Umum PKB, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Ketika dikonfirmasi soal janji tersebut, Cak Imin mengaku telah mengkaji kemampuan APBN untuk mengucurkan dana desa. Ia pun memastikan, kenaikkan dana desa menjadi Rp5 miliar bisa terwujud di 2024.

“Iya, kita sudah menghitung tahun ini Rp2 miliar cukup, nanti 2024 sudah bisa meningkat drastis menjadi Rp5 miliar per desa,” kata Cak Imin kepada jurnalis setelah acara.

3. Cak Imin akan tuangkan janji menaikkan dana desa di program pemerintahannya

Janji Cak Imin Jika Terpilih  di Pilpres 2024: Dana Desa Rp5 MiliarBakal calon wakil presiden Anies Baswedan, Muhaimin Iskandar alias Cak Imin (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Ia pun memastikan, janjinya bakal direalisasikan dalam program di pemerintahannya kelak bersama Anies Baswedan. Hal itu semata untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi di desa-desa.

“Iya (jadi program) target yang ingin saya akan perjuangkan di pemerintahan baru nanti,” ujarnya.

Baca Juga: PKB Jatim Targetkan 60 Persen Suara Anies-Cak Imin

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya