Johnny Plate Tepis Kabar bahwa NasDem Siap Jadi Oposisi Pemerintahan

Surya Paloh siap oposisi jika...

Jakarta, IDN Times - Sekjen Partai NasDem Johnny G. Plate, membantah jika Ketua Umum NasDem Surya Paloh, menyatakan sikap oposisi jika Gerindra masuk dalam jajaran kabinet pemerintahan Jokowi.

“Nasdem menjadi pengusung utama pemerintahan Joko ‘Jokowi’ Widodo baik di tahun 2014-2019 mau pun di 2019-2024. Kami kan tidak ingin ada pemerintahan tanpa check and balance,” ucap Johnny di Kompleks Parlemen DPR RI, Selasa (22/10).

1. NasDem siap jadi garda terdepan pemerintahan Jokowi

Johnny Plate Tepis Kabar bahwa NasDem Siap Jadi Oposisi PemerintahanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Jonny mengklarifikasi berita yang beredar tentang ketum partainya yang menyatakan sikap oposisi. Menurutnya, maksud Surya Paloh adalah NasDem siap oposisi jika sama sekali tidak ada partai penyeimbang yang melakukan check and balance.

Sementara ini, diketahui bahwa masih ada Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang menyatakan sikap tetap oposisi.

“Perlu ada yang mengambil sikap kritis, konstruktif, dan rasional. Untuk posisi itu (oposisi) NasDem akan ambil kalau masuk (kabinet) semua. Tapi kalau ada yang mengambil posisi itu, maka kami NasDem menjadi garda terdepan dari kebijakan pemerintah,” ujar Plate.

“Bukan membantah (Surya Paloh). Itu menjelaskan kutipan yang tidak lengkap itu, kita harus mengambil posisi kalau NasDem punya kepentingan pemerintahan yang menghasilkan kebijakan yang baik untuk negara untuk rakyat,” imbuhnya.

Baca Juga: Selesai Rapat Paripurna, Sekjen NasDem Dipanggil Jokowi ke Istana

2. Johnny singgung dua kader NasDem yang datang ke Istana

Johnny Plate Tepis Kabar bahwa NasDem Siap Jadi Oposisi PemerintahanIDN Times/Teatrika Handiko Putri

Lebih lanjut, Plate lantas menyinggung bukti partainya tidak akan oposisi sebab dua kadernya telah memenuhi panggilan Istana. Ia sebut Siti Nurbaya dan Syahrul Yasin Limpo siap mengisi pos menteri Jokowi-Ma’ruf.

“Yang hari ini sudah pakai baju putih ke Istana; Siti Nurbaya dan Syahrul Yasin Limpo, yang akan dilantik Rabu, saya gak tahu jumlahnya. Semua masih ada di kantong Pak Presiden, kita tunggu saja,” ujar dia.

3. Surya Paloh nyatakan NasDem siap oposisi

Johnny Plate Tepis Kabar bahwa NasDem Siap Jadi Oposisi PemerintahanIDN Times / Irfan Fathurohman

Sebelumnya, Partai NasDem memberikan sinyal siap menjadi oposisi pada pemerintahan kali ini. Padahal, NasDem diketahui merupakan salah satu partai pendukung Joko Widodo-Ma'ruf Amin pada Pilpres 2019.

Sinyal tersebut diberikan langsung oleh Surya Paloh usai menghadiri pelantikan Jokowi-Ma'ruf di Gedung Kura-Kura, Kompleks Parlemen Senayan, Jakarta, Minggu (20/10) kemarin.

Menurut dia, bila semua partai politik mendukung pemerintah, Partai Nasdem siap menjadi oposisi.

"Kalau tidak ada yang oposisi, NasDem saja yang jadi oposisi," kata Surya.

Baca Juga: Sepak Terjang Johnny G Plate, Politisi Nasdem yang Jadi Menteri Jokowi

Topik:

  • Isidorus Rio Turangga Budi Satria

Berita Terkini Lainnya