Kapolri Ajak Delegasi AMMTC Tanam Pohon di Taman Nasional Komodo

Gerakan tanam pohon delegasi AMMTC pecahkan rekor MURI

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengajak para delegasi ASEAN Ministerial Meeting On Transnational Crime (AMMTC) ke-17 ke Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Di Pulau Rinca, Sigit bersama delegasi AMMTC, melaksanakan kegiatan penanaman bibit pohon dengan tujuan merawat serta melestarikan bumi.

Kegiatan Kapolri dan delegasi AMMTC ini juga dilaksanakan serentak oleh seluruh Polda jajaran di Indonesia.

"Kegiatan penghijauan tersebut dilaksanakan dengan mengikutsertakan seluruh delegasi AMMTC ke-17," kata Kapolri dalam keterangan tertulisnya, Rabu (23/8/2023).

Baca Juga: Joe Biden Absen di KTT ASEAN Jakarta

1. Polri pecahkan rekor MURI penanaman bibit pohon serentak dan terbanyak

Kapolri Ajak Delegasi AMMTC Tanam Pohon di Taman Nasional KomodoKapolri Ajak Delegasi AMMTC Tanam Pohon di Taman Nasional Komodo. (dok. Humas Polri)

Dalam rangka penghijauan, Polri sebelumnya sudah melakukan kegiatan penanaman pohon pada 18 Agustus 2023. Sebanyak 45.483 pohon ditanam di seluruh Indonesia dengan tema Polri Lestarikan Negeri, Penghijauan Sejak Dini.

“Dalam kegiatan tanam bibit pohon hari ini, Polri berhasil memecahkan rekor Indonesia (MURI) dengan kategori penanaman bibit pohon serentak dan terbanyak,” ujar Kapolri.

Baca Juga: Bos Bank Sentral dan Menkeu ASEAN Soroti Melambatnya Ekonomi China

2. Para delegasi AMMTC juga menikmati keindahan alam dari Labuan Bajo

Kapolri Ajak Delegasi AMMTC Tanam Pohon di Taman Nasional KomodoKapolri Ajak Delegasi AMMTC Tanam Pohon di Taman Nasional Komodo. (dok. Humas Polri)

Selain menanam bibit pohon, para delegasi AMMTC juga menikmati keindahan alam dari Labuan Bajo serta pengetahuan seputar habitat dari hewan komodo di Pulau Rinca tersebut.

Diketahui, Taman Nasional Komodo telah ditetapkan sebagai salah satu dari tujuh keajaiban alam yang baru atau New 7 Wonders of Nature.

Baca Juga: Kapolri: AMMTC Hasilkan Deklarasi Berantas Kejahatan Lintas Negara

3. AMMTC hasilkan 4 deklarasi

Kapolri Ajak Delegasi AMMTC Tanam Pohon di Taman Nasional Komodosetnas-asean.id

Sebelumnya, Sigit mengungkap hasil pertemuan ASEAN Ministerial Meeting On Transnational Crime (AMMTC) ke-17 di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Sigit menyebut, dalam sidang pertemuan yang dilaksanakan pada 21 dan 22 Agustus telah menghasilkan 16 dokumen, yang di antaranya terdapat empat deklarasi. Sebanyak tiga deklarasi di antaranya merupakan inisiatif Indonesia.

"Saya infokan di dalam kegiatan AMMTC ke-17 saat ini kita menghasilkan 16 dokumen berupa 4 deklarasi, di mana 3 merupakan inisiatif dari Indonesia dan 1 merupakan inisiatif dari Kamboja, 1 program kerja terkait penyelundupan manusia dan 5 pernyataan bersama dan 6 pedoman teknis," kata Sigit dalam jumpa pers penutupan AMMTC di Labuan Bajo, NTT, Selasa (22/8/2023).

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya