Kapolri Ingatkan Gaya Hidup Anggota: Jangan Lebih dari Mobil Innova!

Kapolri minta anggota menyesesuaikan penampilan

Jakarta, IDN Times - Kapolri Jenderal Pol, Listyo Sigit Prabowo, melarang para anggota personel Polisi untuk bergaya hidup mewah. Larangan itu menindaklanjuti arahan Presiden Joko “Jokowi” Widodo pada 14 Oktober 2022.

Sigit mengimbau, agar anggotanya tidak memakai mobil mewah dan meminta agar menyesuaikan dengan pejabat tingkat daerah.

“Dalam hubungan Forkopimda, sesuaikan saja dengan yang lain. Misalkan, Bupati pakai Innova, ya jangan kita pakai mobil yang lebih baik dari itu. Samakan saja,” kata Sigit dalam uanggahan di Instagram pribadinya @listyosigitprabowo, Senin (24/10/2022).

1. Kapolri minta anggota tak pamer harta

Kapolri Ingatkan Gaya Hidup Anggota: Jangan Lebih dari Mobil Innova!Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Pol Andi Rian Djajadi (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Kapolri menyadari bahwa sebagian anggotanya berangkat dari latar keluarga yang berada. Namun demikian, ia meminta agar semua anggota Polri tak pamer harta di tengah situasi masyarakat yang sedang sulit akibat COVID-19.

“Saya kira masalah kebiasaan-kebiasaan menggunakan mobil-mobil bagus, motor gede, situasinya lagi tidak baik,” kata Sigit.

Baca Juga: Polri Siap Bantu Tarik Obat Sirop Anak dari Peredaran

2. Kapolri minta anggota sesesuaikan penampilan

Kapolri Ingatkan Gaya Hidup Anggota: Jangan Lebih dari Mobil Innova!Kabareskrim Agus Andrianto Ikut Cek TKP Tewasnya Brigadir J (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Maka itu, Kapolri kembali mengingatkan anggota tentang Surat Telegram Rahasia (STR) yang pernah diterbitkan terkait larangan gaya hidup mewah anggota Polri. Ia meminta anggota, untuk menyesuaikan penampilan saat berdinas.

“Kapolres seperti apa, Kapolda seperti apa, Kapolsek seperti apa, sehingga kemudian kita tidak terlihat mencolok, karena berbeda dan itu dianggap menjadi hal-hal yang kemudian dianggap itu hedonis,” ujar dia.

Baca Juga: Kapolri Ancam Copot Pejabat Polri Pungli: Bawa Nama Saya, Tangkap!

3. Kapolri minta anggotanya ingatkan keluarga soal gaya hidup mewah

Kapolri Ingatkan Gaya Hidup Anggota: Jangan Lebih dari Mobil Innova!Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit memimpin upacara serah terima jabatan tujuh Kapolda di Gedung Rupatama Mabes Polri, Jakarta Selatan, Rabu (29/12/2021). (dok. Humas Polri)

Lebih dari itu, Kapolri juga mengimbau kepada anggotanya agar turut ingatkan anggota keluarga yang pamer hidup mewah. Ia menyadari untuk membatasi gaya hidup memang bukan perkara mudah.

“Memang sulit, tapi harus kita lakukan. Ingatkan keluarga kita, kerena memang apapun yang terjadi dengan keluarga kita, sorotannya tetap kepada anggota Polri, sorotannya terhadap institusi Polri,” pungkasnya.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya