Kejagung Tetapkan Budi Said Tersangka Penipuan Emas PT Antam Rp1,2 T

Budi Said lakukan penipuan sejak 2018

Jakarta, IDN Times - Kejaksaan Agung (Kejagung) RI menetapkan Crazy Rich asal Surabaya, Budi Said (BS) sebagai tersangka kasus dugaan rekayasa jual beli emas yang melibatkan PT Antam Tbk.

Direktur Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus, Kuntadi, mengatakan, penetapan tersangka terhadap Budi Said dilakukan penyidik usai melakukan gelar perkara dan memeriksa total 24 saksi dalam kasus tersebut.

"Dari hasil pemeriksaan yang dilakukan secara intensif dikaitkan dengan alat bukti lain yang telah ditemukan penyidik, pada hari ini status yang bersangkutan kita naikan menjadi tersangka," ujarnya dalam konferensi pers, Kamis (18/1/2024).

Baca Juga: Antam Digugat PKPU, Kementerian BUMN: Bahaya Jika Dikabulkan

1. Budi Said melakukan penipuan sejak 2018

Kejagung Tetapkan Budi Said Tersangka Penipuan Emas PT Antam Rp1,2 TDirektur Penyidik Jampidsus Kejaksaan Agung (Kejagung), Kuntadi saat konferensi pers soal kasus Achsanul Qosasi pada Jumat (3/11/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Kuntadi menjelaskan, dalam kasus ini, Budi Said dinilai terbukti melakukan permufakatan jahat dengan pihak lainnya untuk menyalahkan kewenangan penjualan emas atau logam mulia dari Butik Surabaya 1 Antam.

Berdasarkan hasil pemeriksaan yang telah dilakukan, kata Kuntadi, aksi tersebut dilakukan tersangka bersama pihak lain berinisial EA, AP, EK, dan MD pada periode Maret hingga November 2018.

Dalam menjalankan aksinya, Budi bekerja sama dengan sejumlah pegawai Antam untuk merekayasa transaksi jual beli emas melalui toko tersebut.

"Dengan cara menetapkan harga jual di bawah harga yang telah ditetapkan oleh PT Antam dengan dalih seolah ada diskon dari PT Antam," jelasnya.

Baca Juga: KPK Tetapkan 2 Tersangka Baru Kasus Korupsi DJKA Kemenhub

2. Transaksi dilakukan dengan cara menggunakan mekanisme yang tidak ditetapkan PT Antam

Kejagung Tetapkan Budi Said Tersangka Penipuan Emas PT Antam Rp1,2 TBiokonversi Maggot dari PT Antam UBPP Logam Mulia (IDN Times/Doni Hermawan)

Kuntadi mengatakan, untuk mengaburkan rekayasa tersebut, transaksi dilakukan dengan menggunakan mekanisme yang tidak ditetapkan PT Antam.

Dengan begitu, PT Antam tidak bisa mengontrol kesesuaian antara jumlah emas yang keluar dengan nilai transaksi yang masuk ke Butik Surabaya 1.

"Akibatnya, antara jumlah uang yang diberikan oleh tersangka dan jumlah logam mulia yang diserahkan PT Antam terdapat selisih yang cukup besar," tuturnya.

Baca Juga: Sengketa 43 Kg Emas Batangan, MA Menangkan Antam Lawan Adiyanto

3. PT Antam alami kerugian Rp1,2 triliun

Kejagung Tetapkan Budi Said Tersangka Penipuan Emas PT Antam Rp1,2 Tilustrasi PT Aneka Tambang (ANTAM) (Dok. ANTAM/MIND ID)

Selisih tersebut kemudian kembali ditutupi dengan membuat surat ketentuan palsu antara tersangka dengan Butik Surabaya 1.

"Yang pada pokoknya menyatakan seolah bahwa benar transaksi telah dilakukan dan benar PT Antam ada kekurangan dalam menyerahkan sejumlah logam mulia," jelasnya.

"Akibatnya PT Antam mengalami kerugian 1 ton 136 kilogram logam mulia atau mungkin bisa setara Rp1,2 triliun," imbuhnya.

Atas perbuatannya, Budi Said diduga melanggar Pasal 2 Ayat 1 dan Pasal 3 Jo Pasal 18 Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 sebagaimana diubah dan ditambah dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2001 Jo Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Perubahan atas Undang-Undang RI Nomor 31 Tahun 1999 tentang Pemberantasan Tindak Pidana Korupsi Jo Pasal 55 Ayat 1 ke-1 KUHP.

Baca Juga: PPA Kejagung Lelang Tas Mewah, Pegadaian Fasilitasi Pengecekan Fisik

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari
  • Fahreza Murnanda

Berita Terkini Lainnya