Kenapa Bencana Kerap Terjadi di Akhir Pekan? Ini Jawaban Sutopo BNBP 

Dari gempa Lombok, Palu, hingga Tsunami Banten

Jakarta, IDN Times - Peristiwa bencana alam merupakan suatu gejala alam yang mengakibatkan kerusakan terhadap kehidupan dan bahkan melumpuhkan total aktivitas manusia. Hal ini disebabkan oleh faktor alam itu sendiri atau bahkan dapat diakibatkan oleh kelalaian manusia.

Bencana alam sendiri mungkin saja dapat diprediksi oleh beragam lembaga geologi yang ada, dan yang datang tiba-tiba.

Namun demikian, Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho mengatakan bencana alam besar kerap terjadi pada waktu tertentu.

“Memang, data kejadian bencana-bencana besar kejadiannya pada akhir bulan, di atas (tanggal) 20an, harinya Jumat malam, Jumat Sore, Sabtu, dan Minggu. Mengapa terjadi itu? Ya gak ada penelitiannya,” ungkap Sutopo kepada IDN Times di Gedung BNPB, Jakarta, Selasa (25/12).

Lalu bencana mana saja yang terjadi pada Hari Jumat-Minggu selama 2019?

1. Gempa dan tsunami Palu

Kenapa Bencana Kerap Terjadi di Akhir Pekan? Ini Jawaban Sutopo BNBP menlhk.go.id

Hari Jumat, 28 September 2018 akan selalu dikenang oleh publik tanah air akan musibah gempa dan tsunami yang melanda kota Palu dan sekitarnya. Tercatat 2000 lebih nyawa terenggut atas musibah yang terjadi di pantai barat pulau Sulawesi dengan kekuatan 7.7 skala richter yang diikuti oleh gelombang tsunami.

Akibatnya, kota Palu seketika lumpuh akan aktivitas masyarakat hingga kerusakan parah pada beberapa wilayah sekitar. 

2. Gempa bumi Lombok

Kenapa Bencana Kerap Terjadi di Akhir Pekan? Ini Jawaban Sutopo BNBP BNPB

Dari sekian gempa bumi yang terjadi di negara Indonesia, gempa Palu dan Lombok merupakan yang terbesar tahun ini. Gempa bumi Lombok, Nusa Tenggara Timur terjadi pada Hari Minggu, 29 Juli 2018, atau beberapa bulan sebelum gempa dan tsunami melanda kota Palu.

Dengan kekuatan 6.4 - 7.0 skala richter, gempa lombok tercatat merenggut korban jiwa hingga 555 orang dan setidaknya 400.000 orang harus mengungsi ke tempat pengungsian.

Gempa lombok yang terasa hingga provinsi Nusa Tenggara Barat diperkirakan terjadi akibat lapuknya endapan gunung berapi berusia sekitar 10 juta tahun. Atas kejadian tersebut, kota lombok rusak parah dan memerlukan proses perbaikan jangka panjang seperti di kota Palu.

3. Tsunami Selat Sunda

Kenapa Bencana Kerap Terjadi di Akhir Pekan? Ini Jawaban Sutopo BNBP IDN Times/Panji Galih Aksoro

Tahun 2018 tinggal menghitung hari, tsunami Selat Sunda yang terjadi pada Hari Sabtu, 22 Desember 2018 menutup tahun dengan korban yeng terus bertambah.

Khususnya di daerah Pandenglang, Lampung Selatan dan Serang. Hingga Selasa (25/12) pukul 13:00 WIB, data sementara jumlah korban menjadi 429 orang meninggal dunia, 1485 orang luka-luka dan 154 orang hilang.

Baca Juga: [Breaking] Korban Tewas Tsunami Selat Sunda Bertambah Jadi 429 Orang

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya