Kilang Pertamina Dumai Riau Meledak di Area Gas Compressor

Lima pekerja alami luka-luka

Jakarta, IDN Times - Juru Bicara Kilang Pertamina Refinery Unit II Dumai Provinsi Riau, Agustiawan mengatakan, ledakan terjadi di area gas compressor pada Sabtu (1/4/2023) pukul 22.40 WIB.

Tim Kedaan Darurat berhasil mengendalikan kebakaran akibat ledakan pukul 22.54 WIB.

“Penyebab kejadian masih belum diketahui,” kata Agustiawan lewat keterangan tertulisnya, Minggu (2/4/2023).

Baca Juga: Bos Pertamina Tegaskan Depo Plumpang Tidak Bisa Direlokasi

1. Lima pekerja alami luka-luka

Kilang Pertamina Dumai Riau Meledak di Area Gas CompressorKoordinasi antarpetugas kilang Green Refinery dari ruang kontrol kilang PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah (IDN Times/Dhana Kencana)

Akibat peristiwa ledakan ini, lima orang pekerja alami luka-luka. Mereka terdampak kecelakaan kerja di ruang operator tersebut.

Kelimanya saat ini telah dibawa ke RS Pertamina Dumai.

“Terdapat lima orang yang terdampak di ruang operator dan saat ini telah dibawa ke RS Pertamina Dumai untuk memperoleh perawatan terbaik,” kata Agustiawan.

2. Operasional kilang di unit terdampak dihentikan sementara

Kilang Pertamina Dumai Riau Meledak di Area Gas CompressorKobaran api disertai kepulan asap terlihat dari tangki 36 T 102 yang terbakar di Kilang Pertamina Internasional RU IV Cilacap, Jawa Tengah, Minggu (14/11/2021) (ANTARA FOTO/Idhad Zakaria)

Agustiawan menjelaskan, saat ini operasional kilang di unit terdampak dihentikan sementara untuk memastikan keamanan di lokasi. Sementara unit lain tetap beroperasi normal.

“Kondisi pekerja terdampak tersebut saat ini stabil,” ujar dia.

3. Pertamina Kilang Dumai pastikan kondisi sekitar aman

Kilang Pertamina Dumai Riau Meledak di Area Gas CompressorPetugas mengamati aktivitas produksi kilang Green Refinery di ruang kontrol kilang PT Kilang Pertamina Internasional Refinery Unit (RU) IV Cilacap, Jawa Tengah (IDN Times/Dhana Kencana)

Pertamina Kilang Dumai saat ini terus melakukan pemantauan untuk memastikan agar masyarakat di sekitar kilang tidak terdampak oleh kejadian ini.

“Saat ini tim terus fokus untuk memastikan kondisi aman,” ujar Agustiawan.

Baca Juga: Kilang Minyak Pertamina di Dumai Meledak dan Lukai 5 Pekerja

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya