Komnas HAM Desak Kapolda Metro Usut Tuntas Teror Rumah Veronica Koman 

Komnas HAM sebut orang tua Veronica alami keresahan

Jakarta, IDN Times - Komisi Nasional Hak Asasi Manusia (Komnas HAM) mendesak Polda Metro Jaya untuk mengusut tuntas teror ledakan di kediaman orang tua aktivis Papua, Veronica Koman di Jakarta Barat yang terjadi pada Minggu (7/11/2021) lalu.

Wakil Ketua Komnas HAM Amiruddin memastikan pihaknya akan terus memantau perkembangan kasus tersebut.

“Komnas HAM RI meminta Kapolda Metro Jaya memastikan peristiwa tersebut diusut secara tuntas dan transparan,” kata Amiruddin lewat keterangan tertulisnya, Rabu (10/11/2021).

1. Komnas HAM mendatangi rumah orang tua Veronica Koman

Komnas HAM Desak Kapolda Metro Usut Tuntas Teror Rumah Veronica Koman Pengacara HAM Veronica Koman (www.twitter.com/@veronicakoman)

Komnas HAM RI juga telah berkunjung ke kediaman orang tua Veronica Koman untuk memastikan kondisinya pada hari ini. Amiruddin datang langsung untuk berkomunikasi dengan orang tua Veronica Koman.

“Langkah ini merupakan bentuk empati Komnas HAM RI terhadap keluarga Veronica Koman serta upaya mengumpulkan informasi awal dan fakta peristiwa,” ujar Amiruddin.

Baca Juga: Grab Bantah Mitranya Terlibat Teror Rumah Keluarga Veronica Koman 

2. Orang tua Veronica alami keresahan

Komnas HAM Desak Kapolda Metro Usut Tuntas Teror Rumah Veronica Koman Komnas HAM berkunjung ke kediaman orang tua Komnas HAM (Dok. Komnas HAM)

Amiruddin mengatakan, serangan dan teror tersebut mengakibatkan trauma tersendiri bagi orang tua Veronica Koman. Sebab, keduanya merasa resah dan ketakutan pascateror tersebut.

“Tindakan-tindakan teror adalah kejahatan. Oleh karena itu, tindakan tersebut tidak boleh dibiarkan begitu saja,” ujar Amiruddin.

3. Penyidik Polda Metro masih memburu pelaku

Komnas HAM Desak Kapolda Metro Usut Tuntas Teror Rumah Veronica Koman Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Divisi Humas Mabes Polri, Brigjen Pol. Rusdi Hartono (Dok. Humas Polri)

Sementara itu, Polri mengatakan, kasus teror yang menimpa kediaman orang tua Veronica masih dalam penyelidikan Polda Metro Jaya. Penyidik masih mengumpulkan barang bukti dan terus memburu pelaku teror.

“Tentunya Polri berusaha secara optimal bagaimana hal-hal yang mengganggu hak warga negara tersebut dapat ditangani, Polda Metro sedang menangani kasus itu,” kata Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Pol Rusdi Hartono di Mabes Polri, Rabu (10/11/2021).

“Sementara masih dalam penyelidikan, kita tunggu hasil itu semua. Masih dikumpulkan alat-alat bukti yang terkait dengan aktivitas di Jakarta Barat itu,” sambungnya.

Baca Juga: Densus 88 Sebut Veronica Koman Diteror karena Bela KKB 

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya