Kontroversi Helena Lim: Serobot Vaksin COVID-19 Kini Berkasus Korupsi

Kejagung geledah rumah Helena Lim

Jakarta, IDN Times - Crazy rich Pantai Indah Kapuk (PIK), Helena Lim, kini terseret kasus  dugaan tindak pidana korupsi dalam tata niaga komoditas timah di wilayah Izin Usaha Pertambangan (IUP) PT Timah Tbk, 2015 sampai 2022. 

Tim Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jaksa Agung Muda Bidang Tindak Pidana Khusus (Jampidsus) Kejaksaan Agung (Kejagung) menggeledah rumah Helena Lim di Jakarta.

“Rabu, 6 Maret 2024 sampai dengan Jumat, 8 Maret 2024, Tim Penyidik pada Direktorat Penyidikan Jampidsus telah melakukan serangkaian tindakan penggeledahan di beberapa tempat yakni kantor PT QSE, PT SD, dan rumah tinggal saudari HL di wilayah Provinsi DKI Jakarta,” kata Kepala Pusat Penerangan Hukum (Kapuspenkum) Kejagung Ketut Sumedana, dalam keterangan tertulis yang dikutip pada Kamis (14/3/2024).

Lalu, siapa Helena Lim? Berikut penelusuran IDN Times.

Baca Juga: Kejagung Geledah Rumah Helena Lim, Sita Rp10 M Terkait Kasus Timah

1. Kontroversi mendapatkan vaksin COVID-19 yang diperuntukkan bagi tenaga kesehatan

Kontroversi Helena Lim: Serobot Vaksin COVID-19 Kini Berkasus KorupsiProfil Helena Lim (Instagram.com/helenalim899)

Sebelum terseret kasus korupsi timah, Helena Lim sempat dirujak warganet lantaran diduga menyerobot vaksinasi COVID-19 yang diprioritaskan bagi tenaga kesehatan (nakes) saat itu.

Momen vaksinasi itu ia unggah di Instastory akun Instagramnya, @helenalim899. Helena saat itu mendapat vaksin COVID-19 di Puskesmas Kebon Jeruk.

Pamer mendapat vaksin COVID-19, warganet pun geram dan mempertanyakan kapasitas Helena Lim. Sebab, Helena mengklaim membawa surat keterangan kerja resmi sebagai karyawan apoteker pada saat divaksin.

Padahal ia hanya pemilik apotek dan bukan termasuk dalam tenaga kesehatan sesuai Undang-Undang Nomor 36 Tahun 2014 tentang Tenaga Kesehatan.

2. Helena Lim dikenal sebagai sosialita

Kontroversi Helena Lim: Serobot Vaksin COVID-19 Kini Berkasus KorupsiProfil Helena Lim (Instagram.com/helenalim899)

Selain terkenal karena kontroversinya, Helena Lim juga dikenal sebagai sosialita yang memiliki rumah mewah di kawasan PIK. Namun demikian, ia mengaku bukan dari kalangan berada.

Dalam konten bersama Boy William, Helena menceritakan ayahnya hanya meninggalkan rumah kecil untuk keluarganya usai meninggal dunia.

Sejak lulus SMA, perempuan 45 tahun ini bekerja dengan mencoba berbagai profesi, seperti staf marketing, pegawai bank, dan juga sekretaris. Belakangan, namanya pun mencuat dan dilabeli sebagai salah satu crazy rich.

Menjadi sosialita, Helena Lim kini lebih dikenal sebagai pengusaha di bidang bisnis kecantikan dan fashion. Ia merupakan pemilik dari DRZLIM Official Fiber Sehat, produk minuman untuk diet. 

3. Dikenal dekat dengan artis

Kontroversi Helena Lim: Serobot Vaksin COVID-19 Kini Berkasus KorupsiProfil Helena Lim (Instagram.com/helenalim899)

Tak hanya sebagai pebisnis, Helena pernah mencoba peruntungan sebagai penyanyi. Ia pernah merilis single berjudul “Pasrah” pada 2019 dan sering membuat cover lagu di akun YouTube-nya.

Helena juga memiliki koneksi dengan sederet artis papan atas Tanah Air. Event atau pesta ulang tahunnya kerap dihadiri para kolega artis seperti Boy William, Ashanty, Ussy Sulistiawaty, Aming, Brisia Jodie, Fuji, Iis Dahlia, Kiky Saputri, Aurel Hermansyah, dan masih banyak lagi.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya