Comscore Tracker

Eks Pegawai KPK akan Dilantik Jadi ASN Polri Hari Ini

44 eks pegawai KPK akan menjalani pendidikan di Bandung

Jakarta, IDN Times - Sebanyak 44 eks pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang menerima direkrut jadi aparatur sipil negara (ASN) Polri akan dilantik di Mabes Polri hari ini, Kamis (9/12/2021) pukul 13.00 WIB.

Karo Penmas Divisi Humas Polri Brigjen Rusdi Hartono mengatakan pelantikan mantan penyidik KPK, Novel Baswedan dkk akan dilaksanakan di Gedung Rupatama, Mabes Polri, Jakarta Selatan.

“Benar, upacara di Gedung Rupatama, Mabes Polri,” ujar Rusdi saat dikonfirmasi.

1. Setelah dilantik, 44 eks pegawai KPK akan menjalani pendidikan di Bandung

Eks Pegawai KPK akan Dilantik Jadi ASN Polri Hari IniMantan penyidik KPK Novel Baswedan (tengah) bersama sejumlah mantan pegawai KPK memberikan keterangan kepada wartawan usai mengikuti Sosialisasi Pengangkatan, Orientasi dan Pelatihan PNS Tahun 2021 di Gedung Transnational Crime Center (TNCC) Mabes Polri, Jakarta, Senin (6/12/2021). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Sementara itu, Kadiv Humas Polri, Irjen Pol Dedi Prasetyo menjelaskan, setelah dilantik, 44 eks pegawai KPK akan menjalani pendidikan terlebih dahulu sebelum ditempatkan pada posisi-posisi yang terlah ditentukan.

Pendidikan akan dilakukan Pusat Pendidikan Administrasi (Pusdikmin) di Bandung, Jawa Barat.

“Selanjutnya akan mengikuti pendidikan Pusdikim di Bandung. Lengkap 43 orang ya,” ujar Dedi.

Baca Juga: Kapolri Tinjau Langsung Korban Erupsi Gunung Semeru di Lumajang

2. 44 eks pegawai KPK menerima tawaran Kapolri

Eks Pegawai KPK akan Dilantik Jadi ASN Polri Hari IniMantan penyidik KPK Novel Baswedan (tengah) bersama sejumlah mantan pegawai KPK memberikan keterangan kepada wartawan usai mengikuti Sosialisasi Pengangkatan, Orientasi dan Pelatihan PNS Tahun 2021 di Gedung Transnational Crime Center (TNCC) Mabes Polri, Jakarta, Senin (6/12/2021). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Sebelumnya, Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan, hanya 54 dari 57 eks pegawai KPK yang datang dalam sosialisasi peraturan perekrutan menjadi ASN di lingkungan Polri.

Kabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Ahmad Ramadhan mengatakan, dari 54 eks pegawai KPK yang hadir, hanya 44 orang setuju untuk direkrut menjadi ASN Polri.

“Adapun hasil sosialisasi, yang mengisi surat perjanjian dan menyatakan bersedia menjadi ASN Polri sebanyak 44 orang, yang tidak bersedia 8 orang. Dan menunggu konfirmasi 4 orang, diberikan batas waktu sampai besok pagi,” ujar Ramadhan lewat keterangan tertulisnya, Senin (6/12/2021).

Ramadhan menjelaskan, terdapat tiga orang eks pegawai KPK yang berhalangan hadir. Dua diantaranya dengan alasan, sementara satu lainnya meninggal dunia.

“Tidak hadir 3 orang, 1 meninggal dunia, 1 menikah, dan 1 di luar kota,” ujar Ramadhan.

3. Novel Baswedan cs menerima tawaran Kapolri

Eks Pegawai KPK akan Dilantik Jadi ASN Polri Hari IniMantan penyidik KPK Novel Baswedan memberikan keterangan kepada wartawan usai mengikuti Sosialisasi Pengangkatan, Orientasi dan Pelatihan PNS Tahun 2021 di Gedung Transnational Crime Center (TNCC) Mabes Polri, Jakarta, Senin (6/12/2021). (ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso)

Sementara itu, Novel Baswedan mengaku menerima tawaran menjadi ASN Polri. Novel menjadi salah satu dari 44 eks pegawai KPK. Hal tersebut ia sampaikan setelah mengikuti sosialisasi peraturan perekrutan eks 57 pegawai KPK di Mabes Polri, Senin (6/12/2021).

“Untuk ikut melakukan tugas-tugas dalam rangka berbakti untuk kepentingan bangsa dan negara, tentu pilihan itu menjadi sulit buat kami untuk menolak,” kata Novel.

Novel menjelaskan, alasan dirinya bersama eks penyidik lainnya menerima tawaran lantaran ada kesungguhan Polri untuk memberantas korupsi dari sisi pencegahan. Hal tersebut yang membuat, ia dan 44 eks penyidik KPK ingin berjuang lewat Polri.

“Saya dan kawan-kawan, memandang bahwa kinerjanya juga semakin tidak menunjukkan sesuatu yang sungguh-sungguh atau yang serius dalam memberantas korupsi," jelasnya.

Baca Juga: Istri Alex Noerdin Diperiksa, KPK Dalami Kasus di Musi Banyuasin

Topic:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya