Mahasiswa Universitas Pancasila Blokade Jalan Lenteng Agung

Situasi memanas di Universitas Pancasila

Jakarta, IDN Times - Ratusan mahasiswa Universitas Pancasila (UP) memblokade Jalan Raya Lenteng Agung dalam unjuk rasa kasus pelecehan seksual rektor nonaktif Universitas Pancasila, Edie Toet Hendratno.

Awalnya, mereka menggelar aksi di depan depan Gedung Rektorat Universitas Pancasila di Jakarta Selatan, Selasa (27/2/2024) pada pukul 13.30 hingga pukul 15.30 WIB.

Namun sekitar pukul 16.00 WIB mereka memutuskan berpindah ke Jalan Raya Lenteng Agung. Mereka membakar ban dan membentangkan spanduk.

Alhasil, pengendara yang datang dari arah Depok menuju Jakarta harus masuk ke Universitas Pancasila untuk melewati blokade mahasiswa.

Sebelumnya, puluhan mahasiswa Universitas Pancasila (UP) terlibat adu dorong dengan belasan petugas Universitas Pancasila (UP) di depan Gedung Rektorat Universitas Pancasila di Jakarta Selatan, Selasa (27/2/2024) sore.

Puluhan mahasiswa memaksa masuk gedung rektorat hingga akhirnya terlibat adu dorong dengan petugas keamanan. Beberapa dari massa juga melempar botol air minum ke arah petugas.

Mahasiswa meminta ada dialog langsung dengan pihak Yayasan Pendidikan dan Pembina Universitas Pancasila (YPPUP). Namun permintaan itu ditolak dan hanya meminta sepuluh perwakilan mahasiswa untuk masuk ke dalam rektorat.

Pada pukul 15.20 WIB, situasi semakin memanas, mahasiswa membakar ban di depan Gedung Rektorat. Mereka meminta pihak yayasan untuk turun dan menemui mereka.

Aksi unjuk rasa ini berlangsung sejak pukul 13.30 WIB. Mereka mendesak agar YPPUP mencopot Edie Toet Hedartno dari jabatan rektor Universitas Pancasila.

Sebab, YPPUP hanya menonaktifkan Edie Toet Hedartno hingga masa bakti sebagai rektor Universitas Pancasila berakhir pada tanggal 14 Maret 2024. 

“Kami menuntut rektor yang sedang menjabat aktif ini untuk dicopot,” kata Koordinator lapangan unjuk rasa mahasiswa Universitas Pancasila, Dio Marselino.

Selain itu, mahasiswa juga meminta klarifikasi secara terbuka terkait kasus pelecehan seksual terhadap dua karyawan oleh Rektor Universitas Pancasila.

Baca Juga: Memanas! Mahasiswa dan Petugas Universitas Pancasila Adu Dorong

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya