Mahfud MD Bocorkan 5 Nama Calon Kapolri, Gatot Eddy Disebut Pertama

Lima nama calon kapolri itu merupakan jenderal bintang tiga

Jakarta, IDN Times - Menteri Koordinator bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD membocorkan nama-nama calon kapolri pengganti Jenderal Polisi Idham Azis.

Mahfud menyebut ada lima nama yang telah diajukan oleh Komisi Kepolisian Nasional (Kompolnas) kepada Presiden Joko “Jokowi” Widodo.

“1. Gatot Edy Pramono; 2. Boy Rafly Amar; 3. Listyo Sigit Prabowo; 4. Arief Sulistyanto; 5. Agus Andrianto. Kelima org itu dianggap memenuhi syarat profesionalitas, loyalitas, jam terbang,” kata Mahfud lewat akun Twitternya, @mohmahfudmd, Jumat (8/1/2021).

Baca Juga: Moeldoko Sebut Jokowi Sudah Kantongi Nama Calon Kapolri

1. Lima calon kapolri merupakan jenderal bintang tiga

Mahfud MD Bocorkan 5 Nama Calon Kapolri, Gatot Eddy Disebut PertamaIDN Times/Tunggul Kumoro

Dalam cuitannya Mahfud juga menegaskan, dari hasil kajian Kompolnas, lima nama yang selanjutnya digodok DPR RI tersebut berpangkat jenderal bintang tiga.

“Saya sudah menyerahkan nama-nama calon kapolri untuk dipilih oleh Presiden agar diajukan ke DPR. Yang diajukan semua jenderal bintang 3, tidak ada yang masih bintang 2,” cuitnya.

2. Wakapolri Komjen Gatot Eddy menguat jadi calon kapolri

Mahfud MD Bocorkan 5 Nama Calon Kapolri, Gatot Eddy Disebut PertamaWakapolri Komjen Pol. Gatot Eddy Pramono dan Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol. Nana Sujana (Dok. Humas Polri)

Sebelumnya Ketua Presidium Indonesia Police Watch (IPW) Neta S Pane mengatakan, saat ini ada gagasan dari lingkungan Istana Kepresidenan untuk membuat satu paket pergantian kapolri dan wakapolri.

"Yakni menaikkan Wakapolri Komjen Gatot Eddy menjadi Kapolri pengganti Idham Azis dan sekaligus mendorong Kabareskrim Komjen Sigit menjadi Wakapolri menggantikan Gatot Eddy," ujar Neta dalam keterangan tertulisnya kepada IDN Times, Rabu (6/1/2021).

Neta mengatakan, gagasan itu semakin serius dibahas kalangan dekat Presiden Jokowi. Pembahasan dilakukan menjelang penyerahan nama kapolri baru ke DPR, usai Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi (Wanjakti) Polri dan Kompolnas menyampaikan usulan nama-nama calon kapolri kepada Presiden Jokowi.

Neta melanjutkan, usulan nama calon kapolri itu diperkirakan sudah disampaikan Wanjakti Polri. Sementara usulan nama dari Kompolnas, diperkirakan baru diserahkan pada Jumat, 8 Januari 2021.

"Setelah mendapat usulan nama-nama calon kapolri, Presiden akan memilih satu nama yang kemudian pada Senin, 11 Januari 2021 diserahkan kepada DPR agar Komisi III DPR bisa melakukan uji kepatutan, sebelum Kapolri Idham Azis pensiun pada 25 Januari 2021," ucapnya.

3. DPR akan bahas calon kapolri pada 13 Januari

Mahfud MD Bocorkan 5 Nama Calon Kapolri, Gatot Eddy Disebut PertamaMenko Perekonomian Airlangga Hartarto (kanan) didampingi Menkumham Yasonna Laoly (kedua kiri) dan Menteri Keuangan Sri Mulyani (kiri) menerima laporan akhir dari Ketua Badan Legislasi DPR Supratman Andi (bawah) saat pembahasan tingkat II RUU Cipta Kerja pada Rapat Paripurna DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Senin (5/10/2020) (ANTARA FOTO/Hafidz Mubarak A)

Sementara itu, anggota Komisi III DPR RI Habiburokhman mengatakan, pihaknya akan melaksanakan rapat internal untuk membahas mekanisme uji kelayakan dan kepatutan calon kapolri pada 13 Januari 2021

"Masa Sidang III Tahun Sidang 2020—2021 dimulai 12 Januari. Komisi III DPR baru melaksanakan rapat internal pada tanggal 13 Januari untuk membahas mekanisme uji kelayakan dan kepatutan," kata Habiburokhman di Jakarta seperti dikutip dari ANTARA, Kamis (7/1/2021).

Baca Juga: Ini Daftar 13 Nama yang Berpotensi Jadi Calon Kapolri Versi IPW

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya