Mantan Panglima TNI Andika Terima Penghargaan Militer dari Singapura

Andika terima Bintang Darjah Utama Bakti Cemerlang

Jakarta, IDN Times - Mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Andika Perkasa menerima penghargaan Bintang Darjah Utama Bakti Cemerlang (Tentera) dari Presiden Singapura Halimah Yacob di Istana Singapura, Rabu (10/5/2023).

Penghargaan tertinggi militer itu diberikan sebagai pengakuan atas kontribusi Andika yang signifikan dalam meningkatkan kerja sama pertahanan antara RI dan Singapura.

“Jenderal Andika juga dinilai berjasa dalam mengundang Angkatan Pertahanan Singapura ikut dalam Super Garuda Shield di Baturaja, Sumatera Selatan tahun lalu,” tulis laman resmi Kementerian Luar Negeri (Kemlu), kemlu.go.id yang dilihat IDN Times, Kamis (25/5/2023).

1. Andika menginisiasi latihan bersama Singapura dalam rangka kerja sama pertahanan

Mantan Panglima TNI Andika Terima Penghargaan Militer dari SingapuraPenghargaan Pemerintah Singapura Kepada Jenderal Andika Perkasa (kemlu.go.id)

Adapun kerja sama pertahanan antara Indonesia dengan Singapura yang dilakukan oleh Andika antara lain adalah latihan bersama lewat Safkar Indopura, Eagle Indopura dan Elang Indopura.

Seusai menerima bintang kehormatan, Jenderal Andika beramah tamah dengan Presiden Halimah Yacob, Menteri Pertahanan Ng Eng Hen, dan Panglima Angkatan Pertahanan Singapura, Laksamana Muda Aaron Beng.

Ikut mendampingi Jenderal Andika, mantan Kepala BIN Jenderal (Purn) AM Hendroprijono.

Baca Juga: Andika Perkasa Ungkap Langkah Masa Depan Usai Pensiun dari TNI 2023

2. Singapura siap bekerja sama dengan pendekatan win-win dengan Indonesia

Mantan Panglima TNI Andika Terima Penghargaan Militer dari SingapuraPenghargaan Pemerintah Singapura Kepada Jenderal Andika Perkasa (kemlu.go.id)

Selama kunjungan tiga hari di Singapura, didampingi oleh Dubes RI untuk Singapura, Jenderal Andika melakukan kunjungan kehormatan kepada Wakil PM Lawrence Wong dan Menteri Pertahanan Ng Eng Hen.

Saat bertemu DPM Wong, Jenderal Andika bertukar pikiran tentang tantangan yang dihadapi Indonesia dan Singapura ke depan. Disampaikan oleh DPM Wong bahwa Singapura berharap dan siap untuk bekerja sama dengan pendekatan win-win dengan Indonesia.

3. Andika sebelumnya mendapatkan penghargaan Pingat Jasa Gemilang dari Singapura

Mantan Panglima TNI Andika Terima Penghargaan Militer dari SingapuraPanglima TNI Jenderal Andika Perkasa (IDN Times/Aryodamar)

Penghargaan yang diterima Jenderal Andika Perkasa dari Pemerintah Singapura kali ini bukan yang pertama kalinya. Pada Juni 2022, Jenderal Andika Perkasa menerima penghargaan Pingat Jasa Gemilang (Tentera) atas kontribusi Jenderal Andika memajukan kerja sama antara TNI AD dan Angkatan Darat Singapura.

Baca Juga: Andika Perkasa Kerahkan 11.800 Prajurit TNI untuk Amankan Tamu VVIP Mangkunegaran

Topik:

  • Dwi Agustiar

Berita Terkini Lainnya