Nama Karding dan Lukman Hilang di Struktur Pengurus, Ini Kata PKB

Anak Ma'ruf Amin masuk struktur pengurus PKB

Jakarta, IDN Times - Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) telah mengumumkan formasi baru kepengurusan periode 2019-2024. Kepengurusan yang terbentuk juga disebutkan merupakan hasil mandatoris tunggal dari ketua umum terpilih hasil Muktamar ke V PKB, Muhaimin Iskandar.

Namun, ada sejumlah nama yang tidak ikut dalam kepengurusan yang baru.

1. Lukman Edy dan Karding tidak masuk struktur, bukan hal yang luar biasa

Nama Karding dan Lukman Hilang di Struktur Pengurus, Ini Kata PKBIDN Times/Dhana Kencana

Misalnya ada Lukman Edy dan Abdul Kadir Karding. Keduanya padahal dalam kepengurusan periode lalu masuk dalam struktur. PKB menyebut soal mereka yang tidak masuk kepengurusan bukanlah hal yang besar.

"Kalau nanti dianggap namanya penting untuk masuk (pengurus) ya bisa dimasukkan lagi kan begitu aja. Pengurus itu biasa, bukan sesuatu yang ini (heboh). Setiap ada muktamar ada pengurus baru," kata Wakil Ketua Umum PKB Jazilul Fawaid di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Rabu (28/8).

"Ada yang ditinggal ada yang masuk. Yang ditinggal jangan merasa ketinggalan, biasa aja nanti kan bisa masuk lagi," sambungnya.

2. Jazilul tepis konflik internal

Nama Karding dan Lukman Hilang di Struktur Pengurus, Ini Kata PKBIDN Times/Imam Rosidin

Jazilul juga menepis adanya konflik internal antara beberapa pengurus lama dengan ketua umum. Menurutnya, penunjukkan pengurus yang diisi wajah baru adalah bentuk penyegaran. Selain itu dia meyakinkan bahwa bisa saja dalam suatu waktu komposisi pengurus bisa dirombak lagi.

"Itu kan biasa saja toh namanya partai kan ada penyegaran. Enggak ada (konflik) itu ya. Ya bersabarlah untuk tidak jadi pengurus nanti jadi pengurus lagi itu kan biasa. Itu rolling-rolling biasa," terang Jazilul.

Baca Juga: Terpilih Aklamasi, Muhaimin Iskandar Pimpin PKB 2019-2024

3. Struktur pengurus ditentukan di muktamar

Nama Karding dan Lukman Hilang di Struktur Pengurus, Ini Kata PKBDok.IDN Times/ Istimewa

Salah satu kelayakan untuk menjadi pengurus juga dijelaskan salah satunya dilihat dari kinerja. Selain itu, dalam aturan organisasi, Muktamar memberikan mandat kepada ketua umum untuk yang bersangkutan bisa menyusun kepengurusan.

"Ya memang mandat muktamar seperti itu. Keputusan muktamar, pengurus itu bisa diganti diisi, diangkat kapan pun sesuai dengan kebutuhan partai dan siapa pun," kata dia.

4. Anak Ma’ruf Amin masuk di struktur pengurus PKB

Nama Karding dan Lukman Hilang di Struktur Pengurus, Ini Kata PKBYouTube.com/NUChannel

Anak dari Wakil Presiden terpilih 2019-2024 Ma’ruf Amin, yaitu Gus Syauqi Ma’ruf Amin, ditunjuk sebagai Ketua Bidang Kebudayaan dan Masyarakat Adat.

Susunan kepengurusan baru di DPP tersebut dibacakan langsung oleh politikus senior PKB, Ida Fauziyah.

Baca Juga: Anak Ma’ruf Amin Masuk Jajaran Struktur Pengurus Baru di DPP PKB

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya