Nataru, Banyak Kendaraan Keluar Jakarta Menuju Wilayah-wilayah Ini

Kendaraan yang masuk Jakarta juga meningkat 6,03 pesen

Jakarta, IDN Times - Polri mencatat terjadi peningkatan jumlah kendaran yang keluar dan masuk wilayah Jakarta menjelang Tahun Baru 2023.

Berdasarkan data Direktorat Lalu Lintas Polri, kendaraan yang keluar Jakarta meningkat 17,6 persen. Sedangkan sebaliknya meningkat 6,03 pesen.

"Terjadi kenaikan arus lalu lintas masuk maupun keluar Jakarta," ujar Asisten Kapolri bidang Operasi (Asops) Irjen Agung Imam Setya Effendi saat dihubungi, Senin (26/12/2022).

1. Mayoritas kendaraan keluar Jakarta menuju Cirebon, Bandung, Ciawi, dan Merak

Nataru, Banyak Kendaraan Keluar Jakarta Menuju Wilayah-wilayah IniIlustrasi sejumlah kendaraan melintasi jalan tol dalam kota di Jakarta. (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Agung menjelaskan, kendaraan yang keluar Jakarta mayoritas mengarah ke Cirebon, Bandung, Ciawi, dan Merak.

Selain itu, merujuk dari hasil Operasi Lilin yang digelar dalam rangka pengamanan Natal dan Tahun Baru telah terjadi 459 kecelakaan. Paling banyak terjadi di wilayah Jawa Timur.

"Paling banyak di Provinsi Jawa Timur dengan 269 kecelakaan," ungkapnya.

2. Polri imbau pengendara berhati-hati

Nataru, Banyak Kendaraan Keluar Jakarta Menuju Wilayah-wilayah IniKecelakaan maut mengakibatkan dua korban meninggal dunia terjadi di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS) KM 197 ruas Terpeka. (Dok. PJR Ditlantas Polda Lampung).

Karena itu, masyarakat diimbau untuk terus waspada ketika berkendara. Sebab, saat ini memasuki musim penghujan yang semakin meningkatkan potensi terjadi kecelakaan.

"Dengan meningkatnya curah hujan diseluruh wilayah Jawa dan luar Jawa agar masyarakat yang menggunakan transportasi darat maupun laut dan udara mengikuti arahan dari otoritas transportasi," kata Agung.

Baca Juga: Isu Bencana Turunkan Kunjungan Wisatawan di Jabar saat Nataru 2023

3. Puncak arus lalu lintas diprediksi terjadi pada 30 Desember dan 2 Januari

Nataru, Banyak Kendaraan Keluar Jakarta Menuju Wilayah-wilayah IniSejumlah kendaraan melintasi jalan tol dalam kota di Jakarta, Rabu (9/2/2022). (ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay)

Terpisah, Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo menyebut berdasarkan prediksi Korlantas dan Kementerian Perhubungan, jumlah kendaraan yang keluar-masuk Jakarta akan terus meningkat. Puncaknya pada 30 Desember.

"Info dari Kepala Korps Lalu Lintas dan survei Kemenhub tanggal 30 Desember dan 2 Januari akan ada peningkatan," kata Dedi.

Baca Juga: Libur Nataru 2022, Lebih dari 1 Juta Kendaraan Tinggalkan Jabodetabek

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya