PDIP Kerahkan Kader di Eksekutif dan Legislatif Menangkan Pilkada 2020

PDIP minta Cakada tetap turun kampanye

Jakarta, IDN Times - Ketua DPP Bidang Politik PDI Perjuangan Puan Maharani dalam arahannya terhadap calon kepala daerah (Cakada) PDIP meminta untuk menjalankan tiga pilar partai, yaitu eksekutif, legislatif dan struktur partai bergotong-royong memenangkan Pilkada 2020.

“Tanpa dukungan dan gotong royong, tiga pilar partai tersebut kami meyakini bahwa tidak akan mudah untuk bisa memenangkan atau memperjuangkan hal-hal yang akan bisa kita lakukan di daerah kita masing-masing," kata Puan di Sekolah Partai PDIP lewat keterangan tertulisnya, Minggu (23/08/2020).

1. Puan imbau Cakada tetap turun ke masyarakat

PDIP Kerahkan Kader di Eksekutif dan Legislatif Menangkan Pilkada 2020Pekerja logistik Pemilu 2019 memperhatikan surat suara Pileg 2019 sebelum dilipat dan didistribusikan ke TPS (IDN Times/Prayugo Utomo)

Namun begitu, akan banyak perubahan yang mendasar dari pelaksanaan Pilkada ini seperti dalam hal kampanye. Calon kepala daerah harus mencermati status zona hijau, merah dan hitam.

"Tetap harus turun kepada masyarakat sehingga rakyat tahu siapa saudara, siapa ibu, dan bagaimana mereka bisa mempercayakan bapak-ibu sekalian untuk memilih, untuk menjadi pemimpin di daerah masing-masing," kata Ketua DPR RI itu.

Baca Juga: PDIP Beri Bocoran Jurus Menangkan Pilkada pada Paslon Jagoannya

2. Cakada PDIP juga harus membumikan Pancasila

PDIP Kerahkan Kader di Eksekutif dan Legislatif Menangkan Pilkada 2020PDI Perjuangan menggelar upacara detik-detik proklamasi di Lapangan Banteng, Jakarta (Dok. PDI Perjuangan)

Puan mengharapkan, Cakada harus mampu menemukan solusi dari permasalahan rakyat, termasuk melindungi rakyat dari dampak COVID-19 dan hal utama membumikan Pancasila. Serta menarik hati rakyat dalam memperjuangkan semua permasalahan yang dirasakan rakyat.

"Ada tujuan perjuangan yang dicapai dengan rekomendasi itu. Yaitu bagaimana kita mewujudkan masyarakat adil dan makmur dalam bingkai NKRI dan Bineka Tunggal Ika sesuai dengan amanah dan cita-cita dari founding father Bung Karno. Dan tentu saja bagaimana kita nantinya mewujudkan Indonesia sejahtera, berkeadilan yang berdaulat dalam politik, berdikari dalam ekonomi, dan tentu saja berkepribadian dalam kebudayaan," ujarnya.

3. PDIP tanam visi-misi Cakada lewat sekolah partai

PDIP Kerahkan Kader di Eksekutif dan Legislatif Menangkan Pilkada 2020(Dok. IDN Times)

Dalam Sekolah Partai ini, Puan menyatakan Ketua Umum PDI Perjuangan Megawati Soekarnoputri sangat menginginkan kegiatan ini tetap berlangsung meski ada pandemik COVID-19. Sebab, Sekolah Partai merupakan salah satu alat bagi calon pemimpin memiliki visi-misi, semangat, dan disiplin yang sama terhadap PDI Perjuangan.

"Semua harus tegak lurus dan ikut aturan serta ikut instruksi Ketua Umum dan instruksi partai. Kita akan kuat karena bersatu dan bersatu karena kita kuat," ujar Puan.

Baca Juga: PDIP Beri Bocoran Jurus Menangkan Pilkada pada Paslon Jagoannya

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya