Polisi Gelar Rekonstruksi Pembunuhan Berencana Dante Pekan Ini

Polisi masih mendalami motif kekasih Tamara bunuh Dante

Jakarta, IDN Times - Polda Metro Jaya akan menggelar rekonstruksi kasus pembunuhan berencana anak artis Tamara Tyasmara, Raden Andante Khalif Pramudityo (6), oleh sang kekasih, Yudha Arfandi (33).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary mengatakan, rekonstruksi kasus akan digelar di tempat kejadian perkara (TKP), kolam renang daerah Jakarta Timur, pada pekan ini.

“Dalam waktu dekat akan dilakukan rekontrsuksi di TKP dalam pekan ini. Untuk kepastian tanggalnya mohon waktu,” kata Ade Ary di Polda Metro, Senin (26/2/2024).

Baca Juga: Tamara Survei Kolam Renang Bersama Kekasih Sebelum Dante Dibunuh

1. Kekasih Tamara diduga melakukan pembunuhan berencana terhadap Dante

Polisi Gelar Rekonstruksi Pembunuhan Berencana Dante Pekan IniYA, kekasih Tamara Tyasmara, jadi tersangka pembunuhan Dante (IDN Times / Irfan Faturrohman)

Dalam kasus ini, kekasih Tamara, Yudha Arfandi sudah resmi ditetapkan sebagai tersangka dan ditahan di rutan Polda Metro Jaya. Ia dijerat Pasal UU Perlindungan Anak dan/atau Pasal 340 KUHP, dan/atau Pasal 338 KUHP dan/atau Pasal 359 KUHP.

Hingga kini polisi masih menggali motif Yudha menenggelamkan Dante sebanyak 12 kali ke kolam renang.

Dirkrimum Polda Metro Jaya Kombes Wira Satya Triputra mengatakan, dari hasil analisis rekaman CCTV, diketahui Dante dan Yudha beraktivitas di kolam renang selama 2 jam 1 menit.

“Hasil analisis dari rekaman CCTV yang dilakukan pemeriksaan bahwa rekaman tersebut yang kami ajukan memiliki durasi kurang lebih sekitar 2 jam 1 menit. Yang mana di dalam rekaman tersebut mengungkap rangkaian kegiatan korban sehingga dari rangkuman tersebut penyidik menyimpulkan bahwa terdapat bukti yang cukup untuk tersangka dan akhirnya sudah dilakukan penangkapan," kata Kombes Wira.

Baca Juga: Polda Metro Periksa Psikologi Forensik Tamara di Kasus Kematian Dante

2. Yudha 12 kali menenggelamkan Dante

Polisi Gelar Rekonstruksi Pembunuhan Berencana Dante Pekan IniKekasih artis Tamara Tyasmara, Yudha Arfandi. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Selama di kolam renang tersebut, Dante ditenggelamkan oleh Yudha sebanyak 12 kali. Dengan masing-masing durasi waktu 14 detik, 24 detik, 4 detik, 2 detik, 26 detik, 4 detik, 21 detik, 7 detik, 17 detik, 8 detik, 26 detik, dan yang terakhir 54 detik.

“Korban ini dibenamkan kepalanya sebanyak 12 kali," kata Wira.

“Setiap korban mau menggapai ke tepi kolam, tersangka menarik badan korban agar tetap terus berenang dan tersangka melakukan sekitar 4 kali,” imbuhnya.

Baca Juga: Kronologi Dante Tewas di Tangan Kekasih Tamara Tyasmara

3. Dante meninggal dunia setelah terlihat lemas dan batuk

Polisi Gelar Rekonstruksi Pembunuhan Berencana Dante Pekan IniProses pembongkaran makam mendiang Dante, anak Tamara Tyasmara dan Angger Dimas (IDN Times/Elizabeth Chiquita)

Setelah itu, Dante akhirnya berhasil menepi ke pinggir kolam renang dan berpegangan. Saat itu korban masih batuk-batuk akibat menelan banyak air.

“Sekitar 16.50.11 waktu CCTV, korban sudah lemas. Kemudian tersangka diangkat ke atas kolam renang. Setelah itu anak korban (RA) sempat batuk, selanjutnya korban lemas dan meninggal dunia,” ujar Wira.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya