Polri Dibantu Paspampres Sterilkan Lokasi Utama KTT ASEAN

Sterilisasi juga dilakukan di lokasi welcome dinner

Jakarta, IDN Times - Kepolisian Republik Indonesia (Polri) dibantu TNI dan Paspampres melakukan sterilisasi di lokasi utama KTT ASEAN hingga welcome dinner di Labuan Bajo.

Asisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Agung Setya Imam Effendi, mengatakan, penyelenggaraan main event KTT ASEAN akan digelar di Hotel Meruorah.

"Kami petugas menyiapkan diri untuk membawa delegasi dan kepala negara dari Hotel Ayana dan Hotel Sudamala ke Hotel Meruorah. Petugas di lapangan saat ini sudah bersiaga semuanya dan siap menjalankan tugas. Kita lihat beberapa delegasi sudah berjalan dan memasuki Hotel Meruorah," ujar Agung dalam keterangan tertulisnya, Rabu (10/5/2023).

Baca Juga: Presiden Jokowi Akan Pimpin Sejumlah Pertemuan di KTT ke-42 ASEAN

1. Para delegasi KTT ASEAN dipantau ketat

Polri Dibantu Paspampres Sterilkan Lokasi Utama KTT ASEANAsisten Operasi (Asops) Kapolri, Irjen Agung Setya Imam Effendi (dok. Humas Polri)

Pemantauan aktivitas para kepala negara dan delegasi, lanjut Agung, bisa dilihat di Command Center Korlantas yang telah disiapkan. Hal ini dilakukan agar perjalanan mereka ke venue berjalan lancar dan tepat waktu.

Guna memastikan pengamanan saat perjalanan berjalan aman dan lancar, kata Agung, setiap anggota yang berjaga dipasangkan body camera. Hal ini untuk memantau situasi di sekitar selama perjalanan mereka.

Baca Juga: KTT ASEAN, Myanmar Diundang Tapi Bukan Level Politik 

2. Polri akan menerapkan rekayasa lalu lintas

Polri Dibantu Paspampres Sterilkan Lokasi Utama KTT ASEANAntusias delegasi Menteri ASEAN dalam cultural visit ke GWK Bali sebagai rangkaian kegiatan ASCC 2023. (Dok. Humas Kemenko PMK)

Selain itu, Polri juga telah menyiapkan sejumlah rekayasa lalu lintas saat kepala negara atau delegasi melintas. Hal ini, kata dia, sudah diujicobakan dan disosialisasikan ke masyarakat.

"Sampai saat ini, masyarakat sudah terbiasa dengan perubahan jalur ini dan kemudian kami tetap melayani masyarakat yang mengalami kedaruratan baik yang menuju rumah sakit atau keperluan emergency," katanya.

Pemantauan ini, dilakukan secara real time dan sepanjang waktu. Ada sekitar 74 CCTV yang terus dipantau melalui command center.

Baca Juga: Sandiaga Yakin KTT ke-42 ASEAN Bisa Tingkatkan Ekonomi di Labuan Bajo

3. Pengamanan kepala negara dan delegasi dilakukan saat menaiki kapal pinisi

Polri Dibantu Paspampres Sterilkan Lokasi Utama KTT ASEANPresiden Jokowi hadiri KTT ke-37 ASEAN pada Kamis (12/11/2020) (Dok. Biro Pers Kepresidenan)

Selain pengamanan main event dan jalur, Polri juga telah siap melakukan pengamanan saat kepala negara atau delegasi nantinya akan menaiki kapal pinisi bersama Presiden Joko "Jokowi" Widodo. Setelah itu, kepala negara dan delegasi akan mengikuti welcome dinner di Hotel Ayana.

"Kegiatan welcome dinner diawali dengan perjalanan menggunakan kapal pinisi, kepala negara diajak melihat sunset. Kita siapkan pengawalannya setelah kembali menggunakan kapal dan kita siapkan jalur menuju Hotel Ayana. Hotel Ayana berada di ketinggian, banyak jalan berkelok dan tak terlalu lebar. Di sana area parkir terbatas jadi kita atur sehingga dari mulai kedatangan dan kembali ke hotel bisa berjalan dengan baik," katanya.

Baca Juga: 2 Menteri Jokowi Ngeband Jelang KTT ASEAN: Sandiaga Vocal, Basuki Drum

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya