Polri Telusuri Informasi Kaburnya Terduga Teroris dari Polda Bangka

Dalam keadaan diborgol dan dirantai, AS, dikabarkan kabur

Jakarta, IDN Times - Beredar informasi berupa laporan kegiatan tentang kaburnya seorang teroris berinisial AS (41) alias Agus Setianto dari ruang pemeriksaan Polda Bangka Belitung pada Kamis 1 Juli 2021, pukul 03.30 WIB. 


Kabag Penum Divisi Humas Polri, Kombes Ahmad Ramadhan, mengatakan pihaknya akan menelusuri informasi tersebut. 

“Lapga (laporan kegiatan)-nya dari mana itu, saya aja gak dapat lapganya. Saya tanya sama Densus ada lapga gini, ‘abang dari mana’ katanya. Jadi belum ada konfirmasi tentang itu. jadi, gak tahu sumber asal-usul lapga itu dari mana. Ini lagi ditelusuri, nanti saya konfirmasi,” kata Ramadhan saat dikonfirmasi, Jumat (2/7/2021).

1. Agus ditangkap di kediamannya pada Rabu

Polri Telusuri Informasi Kaburnya Terduga Teroris dari Polda BangkaIlustrasi penggerebekan teroris. IDN Times/Larasati Rey

Baca Juga: Densus 88 Bekuk Terduga Teroris di Deli Serdang, Diduga Anggota JI

Berdasarkan laporan yang diterima dijelaskan, Agus ditangkap oleh Tim Densus 88 Antiteror Polri bersama Tim Polda Bebel pada Rabu 30 Juni 2021 pukul 13.00 WIB di rumahnya Gang Rintis Jl Mentok Rt/01, Dusun II, Desa Kace, Kec. Mendobarat, Kab. Bangka, Kep. Bangka Belitung.

“Kemudian tersangka dibawa dan  diamankan di Polda Babel di ruang khusus Satgaswil densus 88 AT, dengan penjagaan ketat oleh anggota,” tulis laporan tersebut. 

Pada sekitar pukul 14.30-19.30 dilakukan penggeledahan rumah tersangka Agus Setianto dan tersangka Sumarsono, ditemukan dan disita barang bukti berupa 2 pucuk senjata api aktif, ratusan amunisi berbagai ukuran.

2. AS yang dirantai dan diborgol berhasil kabur

Polri Telusuri Informasi Kaburnya Terduga Teroris dari Polda BangkaPenggerebakan teroris di Surabaya. (ANTARA FOTO/Didik Suhartono)

Pada Kamis pukul 23.00 - 02.30 tim penyidik melakukan interogasi terhadap tersangka Agus Setianto, dan tersangka diamankan di ruang pemeriksaan tersebut sebelum dilanjutkan pemeriksaan dipagi harinya. 

Tersangka dijaga oleh 4 anggota Satgaswil yang ditunjuk atas nama Bripda Tri Wahyudi, Bripda Hafis, Bripda Fadhil dan Bripda Yudha.

Dalam kondisi kaki diborgol pakai Rantai  dan tangan diborgol menggunakan borgol ties. 

“Sekitar jam 03.30 anggota yang jaga mengecek kedalam ruangan tempat dimana tersangka ditempatkan ternyata sdh tdk ada ditempat, dan borgol rantai kali dan borgol ties kali sudah lepas tertinggal di lantai,” paparnya

3. Personel menyisir hutan di belakang Polda Babel

Polri Telusuri Informasi Kaburnya Terduga Teroris dari Polda BangkaIlustrasi ISIS, Teroris (IDN Times/Arief Rahmat)

Mengetahui informasi tersebut, polisi langsung melakukan pencarian dan pengejaran yang melibatkan personel Satgaswil dan Jatanras dan Ditintel Polda di sekitar Polda. Dilanjutkan dengan penyisiran hutan di seputar belakang Polda.

Dilakukan pengambilan CCTV dan diketahui bahwa yang bersangkutan melarikan diri sekitar jam 03.00 WIB sesuai jam CCTV, ke luar melalui jendela dan kabur ke daerah belakang Polda. “Hingga saat ini masih dilakukan pengejaran tentang keberadaan tersangka,” ujarnya.

Info terakhir yang diperoleh bahwa ada pemilik rumah lokasi belakang Polda yang menyampaikan adanya orang mengendap-endap mesuk ke dalam hutan belakang polda yang diduga itu Agus.

Kemudian diperoleh informasi dari orang bengkel las yang lokasinya berada dekat Polda bahwa pukul 08.30 pagi ada seseorang menaiki sepeda motor bolak-balik di depan bengkel seperti orang kebingungan. Cirinya tersangka Agus. 

“Status tersangka belum dilakukan penahanan dan posisi masih dalam pengembangan pemeriksaan,” ujarnya.

Baca Juga: Lagi, Densus 88 Bekuk Teroris di Deli Serdang   

Topik:

  • Umi Kalsum

Berita Terkini Lainnya