Pratu Miftahul Arifin Gugur Saat Penyelamatan Pilot Susi Air di Mugi

Pratu Miftahul gugur setelah jatuh di kedalaman 15 meter

Jakarta, IDN Times - Prajurit TNI dari Satgas Yonif R 321/GT, Pratu Miftahul Arifin, meninggal dunia saat operasi penyelamatan pilot Susi Air, Philip Mark Mertens di wilayah Mugi-Mam, Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan, Sabtu (15/4) pukul 16.30 WIT.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen TNI), Laksamana Pertama Julius Widjojono mengatakan, Pratu Julius diserang Kelompok Kriminal Senjata (KKB) saat menyisir lokasi diduga sang pilot berada.

“Satgas ini mencoba menyisir, mendekati dari lokasi penyandera kemudian ada serangan dari mereka,” kata Julius dalam jumpa persnya di Jakarta Timur, Minggu (16/4/2023).

Baca Juga: Kronologi Penyerangan KKB terhadap Anggota TNI di Papua

1. Pratu Miftahul gugur setelah jatuh ke jurang sedalam 15 meter

Pratu Miftahul Arifin Gugur Saat Penyelamatan Pilot Susi Air di MugiTentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Julius menjelaskan, penyerangan oleh KKB itu mengakibatkan Pratu Miftahul terjatuh ke jurang sedalam 15 meter. Ketika hendak dievakuasi oleh aparat, KKB kembali melakukan serangan hingga kontak tembak pun tak terhindari.

“Satu (Pratu Miftahul) terjatuh di kedalaman 15 meter dan ketika mencoba menolong mendapatkan serangan ulang,” kata Julius.

Baca Juga: OPM Akui Lakukan Serangan di Mugi, Klaim Tembak Mati 9 Anggota TNI

2. TNI belum bisa memastikan jumlang anggota yang gugur

Pratu Miftahul Arifin Gugur Saat Penyelamatan Pilot Susi Air di MugiTentara Pembebasan Nasional Papua Barat-Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM). (dok. TPNPB-OPM)

Hingga saat ini, Julius belum bisa memastikan terkait jumlah korban luka dan meninggal dunia akibat kontak tembak itu. Meskipun, Tentara Pembebasan Nasional Papua Barat - Organisasi Papua Merdeka (TPNPB-OPM) mengklaim sembilan anggota TNI tewas.

“Kondisi prajurit beberapa lainnya saat ini masih berada di lokasi, kami kesulitan untuk menghubungi karena situasi cuaca yang tidak menentu,” kata Julius.

Baca Juga: 1 Orang Prajurit TNI Teridentifikasi Tewas usai Serangan KKB Papua

3. Panglima TNI bakal melakukan evaluasi mendalam

Pratu Miftahul Arifin Gugur Saat Penyelamatan Pilot Susi Air di MugiKepala Staf Angkatan Laut Laksamana TNI Yudo Margono bersiap mengikuti uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper test) calon Panglima TNI di Komisi I DPR, Kompleks Parlemen, Senayan, Jumat (2/12/2022). Laksamana TNI Yudo Margono merupakan calon tunggal Panglima TNI yang diusulkan oleh Presiden Joko Widodo (ANTARA FOTO/Rivan Awal Lingga)

Atas peristiwa ini Pangkima TNI, Yudo Margono bakal melakukan evaluasi mendalam untuk mengantisipasi jatuhnya korban.

Julius memastikan, pihaknya telah mengetahui lokasi pilot. Namun begitu, cuaca menjadi kendalam dalam melakukan operasi pendalaman.

“Dalam waktu dekat Panglima TNI bakal melakukan evaluasi mendalam berkaitan dengan peristiwa ini,” kata Julius.

“Yang paling menyulitkan dalam operasi ini adalah cuaca, kondisi pilot sudah diketahui areanya, lokasinya sudah diketahui dan mengerucut,” imbuhnya.

Topik:

  • Anata Siregar

Berita Terkini Lainnya