Rapat Musyawarah: Mayoritas Fraksi Dukung Bamsoet Jadi Ketua MPR

Bamsoet dan Muzani sedang bertemu empat mata untuk sepakat

Jakarta, IDN Times - Mayoritas fraksi mendukung Bambang Soesatyo (Bamsoet) untuk menduduki kursi ketua MPR RI. Hal tersebut disampaikan oleh Ketua Fraksi PKB di MPR Jazilul Fawaid ketika jeda rapat musyawarah lobi-lobi fraksi dan DPD untuk ketua MPR RI.

“Intinya mayoritas mengusulkan Bamsoet sebagai ketua MPR. Untuk fraksi-fraksi lain sebenarnya sudah dapat jatah di wakil ketua,” kata Jazilul di Kompleks Parlemen DPR RI, Kamis (3/10).

Hingga saat ini, Jazilul menyebut proses musyawarah untuk mufakat sudah 80 persen. Namun, masih ada yang berbeda pendapat yakni Gerindra yang mengusung Ahmad Muzani.

“Ini lagi break untuk menemukan kata sepakat, karena masih ada pendapat yang berbeda. Sekaligus menunggu keputusan tertulis dari DPD menyangkut usulan ketua atau wakil ketua,” ujarnya.

Sekjen NasDem Johnny Plate juga membenarkan mayoritas fraksi mendukung Bamsoet. Ia mengatakan, delapan partai telah menyatakan dukungan kepada Bamsoet. Tinggal DPD dan Gerindra yang belum.

Saat ini, kata Johnny, Bamsoet dengan Muzani sedang berbicara empat mata untuk mencari kata mufakat.

“Sekarang lagi 'one on one" (Bamsoet dengan Muzani), gak sampai setengah jam mudah-mudahan sudah ada kata sepakat untuk dibawa ke paripurna malam nanti,” kata Johnny di lokasi yang sama.

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya