Comscore Tracker

Ricky Pindahkan Rp200 Juta Yosua, Hakim: Sudah Membunuh Masih Mencuri

Ricky menyebut uang itu adalah milik Putri Candrawathi

Jakarta, IDN Times - Terdakwa Ricky Rizal mengaku memindahkan Rp200 juta dari rekening Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J setelah tewas ke rekeningnya. Uang tersebut diklaim sebagai uang operasional keluarga Ferdy Sambo yang dipegang oleh Brigadir J.

Ricky saat itu memindahkan uang menggunakan m-banking yang ada di handphone Brigadir J.

Mendengar cerita itu, Ketua Majelis Hakim, Akhmad Suhel pun kesal dan mencecar Ricky yang masih berani mengambil uang setelah membunuh Brigadir J.

“Saudara ini sudah disuruh membunuh, masih disuruh mencuri pun masih saudara lakukan,” kata Hakim di persidangan dengan terdakwa Bharada Richard Eliezel dan Kuat Ma’ruf di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin (5/12/2022).

Namun demikian, Ricky membantah telah turut serta melakukan pembunuhan berencana di rumah dinas Sambo, Duren Tiga, Jakarta Selatan pada Jumat, 8 Juli 2022.

“Siap, saya tidak disuruh membunuh Yang Mulia.”

“Ya kan tadi disuruh membunuh tapi saudara tidak mau kan. Bener kan? Sekarang disuruh mencuri mau,” kata Hakim.

“Siap, saya tahu kalau itu uangnya ibu juga Yang Mulia.”

“Kan tadi di awal saya sudah nanya kenapa sih, buat pakai nama mereka. Saudara ini polisi kan, simple kan. Rekening atas nama Yosua, rekening atas nama saudara. Kalau sekarang gantian, bahwa itu duit siapa kan ga penting, siapa yang punya rekening bahwa merasa duitnya kan gitu? Bener ga?”

“Siap yang mulia.”

“Kalau saudara di balik, saudara yang dibunuh, terus uang saudara diambil coba bayangkan. Saudara disuruh ngambil duit seperti itu Rp200 juta, saudara pindahkan, alasannya uang operasional, tahu pemiliknya udah mati. Bener ga?” kata Hakim dengan nada tinggi.

“Siap Yang Mulia.”

“Saudara lakukan juga kan?” cecar Hakim.

“Siap, ya itu tadi Yang Mulia, karena mohon izin karena saya tahu uang milik bapak dan ibu untuk operasional,” kata Ricky.

“Makanya saudara memindahkan itu apa bukan berarti mencuri? Kan rekening atas nama siapa?”

“Atas nama Yosua.”

“Ya sudah,” kata Hakim.

“Saudara tahu unsur pasal pencucian uang?”

“Tidak begitu paham,” jawab Ricky.

“Ya sudah.”

Baca Juga: Selain Rp600 Juta, Ferdy Sambo Simpan Uang di Ricky Rp100 Juta

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya