Rizieq Shihab Ditahan di Basement, Polri: Ruangan Layak dan Ber-AC

Polri membenarkan kabar Rizieq Shihab ditahan di rubanah

Jakarta, IDN Times - Kepala Bagian Penerangan Umum (Kabagpenum) Polri, Kombes Ahmad Ramadhan, mengatakan Rizieq Shihab saat ini ditahan di ruang bawah tanah (rubanah). Namun, ia memastikan ruangan layak dan sesuai standar kesehatan dengan pendingin 24 jam.

Ramadhan menggambarkan ruang tahanan itu untuk merespons isu Rizieq ditahan di rubanah dengan kondisi mengkhawatirkan dan tanpa akses sinar matahari.

“Tapi basement itu sangat layak, sama kayak ruang ini, sudah diukur standar kesehatannya. Jadi posisinya basement bangunan memang seperti itu, tetapi kondisinya tetep ada ruang AC,” kata Ramadhan di Mabes Polri, Jakarta, Senin (15/11/2021).

1. Polri tegaskan tidak ada diskriminasi terhadap tahanan di Bareskrim

Rizieq Shihab Ditahan di Basement, Polri: Ruangan Layak dan Ber-ACKabag Penum Divisi Humas Polri Kombes Pol Ahmad Ramadhan. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Ramadhan menjelaskan ruang tahanan Rizieq di Bareskrim Polri sama seperti tahanan lainnya. Ia menegaskan Polri menghargai hak asasi manusia (HAM).

“Itu gedungnya layak, tetap menggunakan AC, dan AC-nya 24 jam. Jadi perlakuannya sama, prinsipnya tidak ada perbedaan, tidak ada diskriminasi satu tahanan dengan tahann lain,” kata Ramadhan.

Baca Juga: Bakal Digelar Awal Desember, Reuni PA 212 Bertema Bebaskan  Rizieq!

2. Polri pastikan telah memberi hak Rizieq Shihab

Rizieq Shihab Ditahan di Basement, Polri: Ruangan Layak dan Ber-ACPemimpin Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab (tengah) berjalan menuju mobil tahanan usai diperiksa di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Minggu (13/12/2020) dini hari. Rizieq Shihab ditahan penyidik Ditreskrimum Polda Metro Jaya untuk kepentingan penyidikan perkara kasus dugaan pelanggaran protokol kesehatan COVID-19 terkait kerumunan di Petamburan, Tanah Abang, Jakarta pada 14 November lalu. (ANTARA FOTO/Reno Esnir)

Ramadhan juga menegaskan Polri tidak melihat latar belakang status tahanan. Ia memastikan semua tahanan di Bareskrim Polri mendapat perlakuan dan hak yang sama.

“Kan kita pernah share juga, beliau sedang makan, hak beliau untuk ibadah kita berikan. Jadi tidak ada perbedaan, apalagi mengatakan kalau perlakuan terhadap beliau seperti itu,” kata Ramadhan.

“Semua hak kita berikan, kalau sakit kita beri pengobatan, tempat ibadah kita berikan. Jadi pengertian di bawah tanah itu basement,” ujarnya.

3. Beredar video sebut Rizieq ditahan di rubanah selama sembilan bulan

Rizieq Shihab Ditahan di Basement, Polri: Ruangan Layak dan Ber-ACIlustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Sebelumnya, beredar sebuah video via aplikasi pesan WhatsApp yang menyebutkan Rizieq ditahan polisi selama sembilan bulan tanpa melihat sinar matahari. Rekaman video tersebut memperlihatkan perbincangan sejumlah orang dalam sebuah ruangan sambil duduk santai.

Kemudian, dalam perbincangan itu, seorang pria mengenakan baju berwarna biru mengatakan Rizieq ditahan sembilan bulan di bawah tanah.

"Habib Rizieq Shihab sudah hampir sembilan bulan dia belum lihat matahari karena di bawah tanah," ujar pria tersebut.

Baca Juga: Diduga Hina Habib Rizieq, Komika McDanny Diadukan ke Polisi

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya