Rocky Gerung Dikawal 3 Polisi Saat Tiba di Bareskrim Polri

Rocky akan menjalani pemeriksaan lanjutan di Bareskrim Polri

Jakarta, IDN Times - Aktivis Rocky Gerung memenuhi panggilan Bareskrim Polri, Rabu (13/9/2023). Rocky diperiksa atas kasus dugaan ujaran kebencian dan penyebaran berita hoaks.

Rocky terlihat mengenakan kaus hitam berkerah saat tiba di Bareskrim Polri pukul 10.05 WIB. Rocky terlihat dikawal tiga polisi saat memasuki Gedung Bareskrim Polri.

Ia memilih bungkam dan hanya tersenyum menyapa awak media yang menunggu. Setelah itu, Rocky langsung memasuki gedung Bareskrim untuk menjalani pemeriksaan.

Tak berselang lama, datang kuasa hukum Rocky, Haris Azhar. Dia terlihat membawa sebuah kardus. Saat ditanya apa yang dibawa, Haris malah sempat berkelakar.

"(Bawa) kopi, rokok. Bawa bukti, bawa bukti," ucapnya.

Baca Juga: Rocky Gerung Kembali Diperiksa Bareskrim Polri Hari Ini

1. Rocky dan Haris Azhar sempat diserang massa

Rocky Gerung Dikawal 3 Polisi Saat Tiba di Bareskrim PolriBelasan massa diduga menyerang Rocky Gerung dan Haris Azhar usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Sebelumnya, Rocky Gerung dan kuasa hukumnya Haris Azhar diserang massa usai menjalani pemeriksaan oleh Direktorat Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri terkait dugaan penyebaran berita bohong atau hoaks dan ujaran kebencian di Bareskrim Polri, Rabu (6/9/2023).

Dalam video yang beredar, Rocky bersama Haris dan sejumlah pengacaranya diadang dan diserang massa aksi yang menunggu di luar pagar Mabes Polri. Mereka kemudian diamankan sejumlah petugas Pelayanan Masyarakat (Yanma) Mabes Polri.

“Ya (ada penyerangan),” kara Rocky saat dikonfirmasi.

Baca Juga: Rocky Gerung dan Haris Azhar Diserang Massa Usai Diperiksa Bareskrim

2. Massa sempat mendorong Rocky

Rocky Gerung Dikawal 3 Polisi Saat Tiba di Bareskrim PolriBelasan massa diduga menyerang Rocky Gerung dan Haris Azhar usai menjalani pemeriksaan di Bareskrim (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Dalam beberapa potongan video, terlihat seorang wanita dari belasan orang yang mengenakan kaos bertuliskan ‘Gerakan Nasional Tangkap Rocky Gerung’ mendorong Rocky Gerung di pintu keluar.

Tidak hanya itu, massa juga terdengar mengumpat Rocky dan Haris Azhar. Polisi yang berjaga langsung menutup pintu dan meminta massa tetap tenang.

“Kenapa kalian melindungi orang yang bikin gaduh bangsa,” teriak salah seorang perempuan yang mengenakan kaos tersebut.

Baca Juga: Ditolak Massa, Diskusi Rocky Gerung di Sleman Diwarnai Ricuh

3. Rocky memastikan tak alami kekerasan fisik

Rocky Gerung Dikawal 3 Polisi Saat Tiba di Bareskrim PolriRocky Gerung memenuhi panggilan Bareskrim Polri terkait kasus dugaan ujaran kebencian (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Meski begitu, Rocky memastikan dirinya, Haris, dan beberapa pengacaranya tak mengalami kekerasan fisik secara langsung terhadapnya.

“Aman tentram,” ujarnya.

Sebelum peristiwa itu, Rocky Gerung selesai menjalani pemeriksaan di Bareskrim Polri. Rocky mengaku dicecar sekitar 40 pertanyaan dan diperiksa selama lima jam mulai dari pukul 10.00 hingga pukul 16.45 WIB.

“40 pertanyaan seputar kasus itu (penghinaan terhadap Jokowi),” kata Rocky di Bareskrim Polri.

Topik:

  • Dheri Agriesta

Berita Terkini Lainnya