Sopir Truk yang Lindas Polisi Lalu Lintas di Cikampek Jadi Tersangka

Sopir diduga mengemudi sambil main handphone

Jakarta, IDN Times - Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah melakukan gelar perkara kecelakaan maut di KM 13 Tol Jakarta-Cikampek. Kecelakaan tersebut menewaskan anggota Patwal Ditlantas Polda Metro Jaya, Iptu Dwi Setiawan.

Berdasarkan gelar perkara yang dilakukan pada Jumat (29/10/2021), polisi menetapkan sopir truk berinisial CS sebagai tersangka.

“Pelaku kita kenakan Pasal 310 ayat 4 (UU Nomor 22 Tahun 2009 tentang LLAJ) karena lalai sebabkan orang lain meninggal dunia dengan ancaman enam tahun,” kata Direktur Lalu Lintas Polda Metro Jaya, Sambodo Purnomo Yogo, di Jakarta Selatan, Jumat (29/10/2021).

1. Sopir mengemudi sambil main handphone

Sopir Truk yang Lindas Polisi Lalu Lintas di Cikampek Jadi TersangkaDirektur Lalu Lintas Polda Metro Jaya Kombes Pol. Sambodo Purnomo (Dok. Humas Polda Metro Jaya)

Sambodo menjelaskan Iptu Dwi Setiawan saat kejadian sedang dalam tugas mengawal rombongan supervisi vaksinasi Merdeka Aglomereasi. Mereka berangkat dari Polda Metro Jaya menuju Polres Kabupaten Bekasi.

Saat itu, Iptu Dwi mengendarai motor Patwal di lajur empat, sementara CS yang mengemudikan truk melaju di jalur tiga.

“Saat ada di TKP, si sopir ini menerima telepon dari seseorang dan sambil menjawab telepon, ini menurut pengakuan kernet dia sambil main handphone sehingga ganggu konsentrasi, kehilangan konsentrasi dan akhirnya ketika ada kendaraan di truk ini yang sedang memperlambat, karena kaget kemudian si sopir ini membanting kendaraan ke kanan,” ujar Sambodo.

Baca Juga: Anggota Polantas Polda Metro Tewas Terlindas Truk di Tol Cikampek

2. Sopir truk sempat melarikan diri

Sopir Truk yang Lindas Polisi Lalu Lintas di Cikampek Jadi TersangkaIlustrasi tersangka (IDN Times/Mardya Shakti)

Pada saat sopir truk membanting kendaraannya ke kanan, di samping lajur empat ada Iptu Dwi. Polisi lalu lintas itu pun tersenggol, menabrak guardreel, terpental dan akhirnya terlindas truk.

“Setelah kejadian si sopir turun melihat dan ternyata yang ditabrak anggota polisi kemudian melarikan diri. Untuk kernet tetap di mobil, setelah melarikan diri, dia lapor perusahaannya dan setelah itu diantarkan ke kepolisan sehingga kemarin sore kita bisa amankan pelaku ini,” ujar Sambodo.

3. Almarhum Iptu Dwi naik pangkat ke AKP Anumerta

Sopir Truk yang Lindas Polisi Lalu Lintas di Cikampek Jadi TersangkaIlustrasi. ANTARA FOTO/Jojon

Atas kejadian ini, Kapolri Jendral Pol Listyo Sigit turut berbela sungkawa dan menaikkan pangkat Iptu Dwi ke AKP Anumerta. Polda Metro juga turut berbela sungkawa atas peristiwa tersebut.

“Kami keluarga besar Ditlantas Polda Metro semua merasa kehilangan dan berduka cita atas gugurnya dalam melaksanakan tugas anggota kami atas nama Iptu Dwi Setiawan,” ujar Sambodo.

Baca Juga: Menelusuri KM 50 Tol Jakarta Cikampek, Lokasi Bentrok FPI dan Polisi

Topik:

  • Jihad Akbar

Berita Terkini Lainnya