Tersangka Ambil Uang Perempuan Dalam Koper untuk Resepsi Pernikahan

Tersangka telah menikah 17 April, rencana resepsi 5 Mei

Jakarta, IDN Times - Polsek Cikarang Barat mengungkap motif tersangka AAR (29) membunuh perempuan berinisial RM (50) yang mayatnya ditemukan dalam koper di pinggir sungai Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat pada Kamis (28/4/2024).

Kapolsek Cikarang Barat, Kompol Gurnald, mengatakan tersangka telah menikah dengan kekasihnya pada 17 April 2024. AAR diduga membutuhkan uang untuk acara resepsi yang rencananya bakal digelar pada Minggu (5/5/2024).

"Kemungkinan ada motif di mana dia membutuhkan duit untuk membayar uang resepsi dia," kata Gurnald saat dihubungi, Kamis (2/5/2024).

Gurnald menjelaskan, tersangka AAR dan RM memiliki relasi kerja dalam satu perusahaan. Polisi menduga AAR dan RM memiliki hubungan spesial, sehingga AAR mengajak RM ke sebuah hotel di Bandung.

"Dia bawa ke hotel, sempat bersetubuh. Info hasil pemeriksaan terjadi cekcok, dibunuh," ujarnya.

Setelah membunuh korban, tersangka kemudian mengambil uang perusahaan yang dibawa RM. Gurnald menuturkan, sebenarnya AAR tak ada niat untuk membunuh.

"Hasil riksa, tidak ada niatan membunuh. Cuma ada, dia ngambil duit perusahaan yang dibawa korban," kata Gurnald.

AAR pun kini telah ditetapkan sebagai tersangka. Dia dijerat Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan dan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan hukuman penjara maksimal 15 tahun.

"Untuk sementara pelaku sudah kami tetapkan sebagai tersangka dan masih dalam proses pemeriksaan," kata Gurnald.

Polisi tidak menerapkan Pasal 340 tentang pembunuhan berencana. Alasannya, belum didapati cukup bukti.

"Kalau dia menyiapkan koper sebelum masuk bersama perempuan, bersama korban, bisa kita kenakan (340). Cuma, kalau sekarang kita bisa lihat (CCTV), dia masuk dulu, baru dia pergi beli koper," ujar Gurnald.

Baca Juga: AAR Tersangka Pembunuhan Perempuan dalam Koper di Bekasi

Baca Juga: Fakta-Fakta Penemuan Mayat Perempuan Dalam Koper di Kalimalang

Topik:

  • Satria Permana

Berita Terkini Lainnya