Tersangka Pembunuhan Perempuan Dalam Koper Bawa Kabur Rp43 Juta 

Keduanya bekerja satu perusahaan, tapi ada hubungan spesial

Intinya Sih...

  • Tersangka pembunuhan membawa kabur uang perusahaan Rp43 juta dari korban yang mayatnya ditemukan di pinggir sungai Kalimalang, Bekasi.
  • Tersangka dan korban bekerja dalam satu perusahaan tapi berbeda cabang, dengan motif asmara antara keduanya.

Jakarta, IDN Times - Tersangka pembunuhan AARN (29) membawa kabur uang perusahaan dari RM (50), perempuan yang mayatnya ditemukan dalam koper di pinggir sungai Kalimalang, Bekasi, Jawa Barat pada Kamis (28/4/2024).

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Ade Ary Syam Indradi, mengatakan, tersangka dan korban bekerja dalam satu perusahaan tapi berbeda cabang. Tersangka merupakan auditor ,sementara korban petugas kasir.

“(Uang yang dibawa kabur RRN) Rp43 juta,” kata Ade di Polda Metro Jaya, Jumat (2/5/2024).

Baca Juga: Motif Asmara di Kasus Mayat Perempuan Dalam Koper Bekasi

1. Korban berencana menyetorkan uang perusahaan Rp43 juta ke bank

Tersangka Pembunuhan Perempuan Dalam Koper  Bawa Kabur Rp43 Juta Aktivitas terduga pelaku pembunuhan dan korban terekam CCTV di sebuah hotel di Bandung (Dok. Istimewa)

Ade menjelaskan, rencananya korban membawa uang perusahaan Rp43 juta untuk disetorkan ke bank. Namun, tersangka mengajak korban untuk ke hotel di kawasan Bandung.

“Diduga terjadi perbuatan atau disetubuhi di hotel daerah Bandung. Kemudian korban itu kan membawa sejumlah uang yang rencana akan disetorkan dan uang itu adalah uang perusahaan. Uang itu juga diambil oleh tersangka,” ujar Ade.

Baca Juga: Tersangka Ambil Uang Perempuan Dalam Koper untuk Resepsi Pernikahan

2. Polisi ungkap motif asmara antara tersangka dan korban

Tersangka Pembunuhan Perempuan Dalam Koper  Bawa Kabur Rp43 Juta Aktivitas terduga pelaku pembunuhan dan korban terekam CCTV di sebuah hotel di Bandung (Dok. Istimewa)

Sebelumnya, Polsek Cikarang Barat yang menangani kasus ini mengungkap adanya motif asmara antara tersangka dan korban.

Kapolsek Cikarang Barat, Kompol Gurnald, mengatakan, AARN dan RM memiliki hubungan spesial.

“Dari pengakuan dia berhubungan badan, ya, berarti dia sudah ada relasi dulu dengan si korban. Sudah ada hubungan,” kata Gurnald saat dihubungi, Kamis (2/5/2024).

AARN sendiri telah menikah dengan kekasihnnya pada 17 April 2024. Ia berencana menggelar resepsi pernikahan pada 5 Mei 2024.

“Jadi di sini ada beberapa motif. Motif keuangan, masalah ekonomi. Kemudian motif asmara dan juga ada motif sakit hati,” ujar Gurnald.

“Tapi sementara masih kami dalami dulu. Masih diperiksa dulu si pelaku banyak berbohong,” imbuhnya.

Baca Juga: AAR Tersangka Pembunuhan Perempuan dalam Koper di Bekasi

3. Tersangka bersetubuh dengan korban, cekcok kemudian terjadi pembunuhan

Tersangka Pembunuhan Perempuan Dalam Koper  Bawa Kabur Rp43 Juta Polisi tangkap terduga pelaku pembunuhan kasus penemuan mayat perempuan di dalam koper. (dok. IDN Times/Istimewa)

Gurnald menjelaskan, AARN tidak berniat untuk membunuh RM. Namun karena terjadi cekcok setelah berhubungan badan, akhirnya AAR membunuh dan mengambil uang perusahaan yang dibawa korban.

“Kemungkinan ada motif di mana dia membutuhkan duit untuk membayar uang resepsi dia,” kata Gurnald.

AARN pun kini telah ditetapkan sebagai tersangka. Ia dijerat Pasal 338 KUHP tentang pembunuhan dan Pasal 365 KUHP tentang pencurian dengan kekerasan dengan hukuman penjara maksimal 15 tahun.

“Untuk sementara pelaku sudah kita tetapkan sebagai tersangka dan masih dalam proses pemeriksaan,” ujarnya.

Polisi tidak menerapkan Pasal 340 tentang pembunuhan berencana. Alasannya, belum didapati cukup bukti.

“Kalau dia menyiapkan koper sebelum dia masuk bersama perempuan bersama korban bisa kita kenakan (340). Cuma kalau sekarang kita bisa lihat (CCTV), dia masuk dulu, baru dia pergi beli koper,” imbuhnya.

Baca Juga: Kasus Mayat Perempuan Dalam Koper: Disetubuhi, Dibunuh, Uang Diambil

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya