Terungkap! Motif Panca Bunuh Empat Anaknya karena Cemburu kepada Istri

Sebelum membunuh 4 anak, Panca melakukan KDRT kepada istri

Jakarta, IDN Times - Polres Metro Jakarta Selatan akhirnya mengungkap motif Panca Darmansyah (41) yang diduga melakukan kekerasan dalam rumah tangga (KDRT) terhadap istrinya, DM, yaitu karena cemburu.

Hal tersebut juga yang melandasi Panca tega menghabisi nyawa empat buah hatinya di dalam kamar saat DM sedang dirawat di Rumah Sakit Pasar Minggu, Jakarta Selatan, Minggu, 3 Desember 2023.

“Dari hasil pemeriksaan beberapa saksi dan disesuaikan dengan barang bukti yang sudah kami amankan, motif tersangka P melakukan perbuatan keji tersebut karena cemburu kepada istrinya, saudari D,” kata Kapolres Metro Jakarta Selatan, Kombes Pol Ade Ary, Selasa (12/12/2023).

Baca Juga: Panca Tak Makan Minum Selama 4 Hari Bersama 4 Jasad Anaknya

1. Pembunuhan dilakukan setelah Panca melakukan KDRT terhadap DM

Terungkap! Motif Panca Bunuh Empat Anaknya karena Cemburu kepada IstriPenampakan rumah empat orang anak yang ditemukan tewas di Jagakarsa (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Ade menjelaskan, Panca melakukan KDRT terhadap DM pada Sabtu (2/12/2023) dini hari. Akibat KDRT tersebut, DM mengalami luka parah di kepala dan harus mendapat perawatan di rumah sakit.

“Akhirnya tersangka P memiliki ide untuk melakukan pembunuhan terhadap empat anaknya,” ujar Ade.

Baca Juga: Menguak Respons Polisi Tangani KDRT Lewat Kasus 4 Anak Tewas 

2. Panca kemudian mencoba mengakhiri hidup

Terungkap! Motif Panca Bunuh Empat Anaknya karena Cemburu kepada IstriPenampakan rumah empat orang anak yang ditemukan tewas di Jagakarsa (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Setelah membunuh keempat anaknya pada Minggu (3/12/2023), Panca kemudian mencoba mengakhiri hidup dengan menyayat kedua pergelangan tangannya menggunakan pisau.

“Kemudian menusuk bagian kanan perutnya dengan pisau dan menusuk ke bagian atas tangan kiri dan tangan dengan paku,” ujarnya.

Baca Juga: Terungkap! Panca Tersangka Pembunuhan 4 Anak 2 Kali Coba Akhiri Hidup

3. Panca menulis ‘Puas Bunda Tx For ALL’ menggunakan darahnya

Terungkap! Motif Panca Bunuh Empat Anaknya karena Cemburu kepada IstriPesan Panca Darmansyah kepada istrinya, DM ‘Puas Bunda TX For ALL’ (Dok. Istimewa)

Panca kemudian sempat meninggalkan pesan untuk sang istri. Ia menulis ‘Puas Bunda Tx For ALL’ di atas lantai menggunakan darahnya.

“Inilah yang mendasari dia dari rasa cemburu ini kepada saudari DM yang membuat dia memilih jalan pintas dengan alasan agar istrinya bisa hidup lebih leluasa dan dia pergi bersama anak-anaknya,” kata Ade.

Baca Juga: Usai Membunuh Empat Anaknya, Panca Darmansyah Sempat Menata Mainan

Topik:

  • Deti Mega Purnamasari

Berita Terkini Lainnya