Tim Forensik Polri Sampaikan Hasil Autopsi Brigadir J ke Komnas HAM

Hasil autopsi disampaikan pekan depan

Jakarta, IDN Times - Kedokteran Forensik Polri akan memenuhi undangan Komnas HAM pada pekan depan, untuk menyampaikan hasil autopsi Brigadir J yang pertama.

Kadiv Humas Polr, Irjen Pol Dedi Prasetyo, mengatakan pemenuhan undangan Komnas HAM ini dalam rangka keterbukaan Polri dalam penyidikan kasus kematian Brigadir J.

“Minggu depan dari Kedokteran Forensik Polri akan menghadiri undangan dari Komnas HAM, akan menyampaikan tentang hasil autopsi, kemudian hasil pemeriksaan mayat dan lain sebagainya akan disampaikan ke Komnas HAM,” kata Dedi di Mabes Polri, Jumat (22/7/2022).

Dedi mengatakan, hasil autopsi juga akan disaksikan pihak eksternal, Perhimpunan Kedokteran Forensik Indonesia.

“Pihak pengacara pun apabila diundang oleh Komnas HAM silakan hadir, biar betul-betul hasil autopsi ini clear dan mengurangi stigma-stigma yang beredar di masyarakat,” kata dia.

Dengan demikian, kata Dedi, nantinya diharapkan hasil autopsi yang disampaikan ke Komnas HAM mampu menjawab kejanggalan-kejanggalan yang masih jadi pertanyaan di masyarakat.

“Spekulasi yang beredar di masyarakat adanya kekerasan, adanya luka-luka yang diakibatkan oleh benda-benda lain, itu mengurangi spekulasi seperti itu. Oleh karena itu biar orang-orang expert di bidangnya itu yang bisa menjelaskan secara ilmiah, dan juga tentunya bisa dipertanggungjawabkan dari sisi hukumnya,” kata Dedi.

Baca Juga: CCTV Ditemukan, Anggota DPR Singgung Manipulasi Hasil Autopsi

Topik:

  • Rochmanudin

Berita Terkini Lainnya