TKN Prabowo-Gibran Hormati Sikap Wapres Ma'ruf Amin Salam 3 Jari

TKN singgung anak Ma’ruf Amin yang dukung Prabowo-Gibran

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden (Wapres) Ma’ruf Amin berpose salam metal tiga jari usai menerima tumpeng dari Ketua Umum DPP PDI Perjuangan, Megawati Soekarnoputri di acara HUT ke-51 PDIP pada Rabu (10/1/2024).

Menanggapi hal tersebut, Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran menghormati sikap Wapres.

“Ya kita hormati sikapnya pak Wapres, monggo. Anaknya ikut dukung kita. Kan gitu, ikut bendahara relawan Ndaru (Nderek Guru) yang dewan pembinanya Habib Lutfi, monggo,” kata Sekretaris TKN Prabowo-Gibran, Nusron Wahid di Media Center TKN Prabowo-Gibran, Jalan Sriwijaya, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (11/1/2024).

1. Nusron sebut salam 3 jari Wapres karena menghormati PDIP

TKN Prabowo-Gibran Hormati Sikap Wapres Ma'ruf Amin Salam 3 JariNusron Wahid di Indonesia Arena, Minggu (19/11/2023). (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Nusron menjelaskan, Wapres Ma’ruf Amin melakukan salam tiga jari lantaran menghormati forum PDIP. Hal yang sama bakal dilakukan Wapres jika diundang dalam kegiatan serupa.

“Nanti kalau diundang Muhammadiyah, Wapres ya pasti bajunya Muhammadiyah, kalau diundang MUI ya jasnya Muhammadiyah. Kalau diundang di NU ya pakai batik NU, ya mesti begitu namanya pemimpin wakil presiden, kita hormati,” kata dia.

Baca Juga: Ma'ruf Amin Salam 3 Jari di Acara PDIP, Jubir: Wapres Netral

2. Jubir Wapres tegaskan Ma’ruf Amin netral

TKN Prabowo-Gibran Hormati Sikap Wapres Ma'ruf Amin Salam 3 JariWakil Presiden Ma'ruf Amin di pidato HUT ke-51 PDI Perjuangan (IDN Times/Aditya Mustaqim)

Sementara itu, Juru bicara Wapres, Masduki Baidlowi, menegaskan Ma'ruf Amin dalam posisi netral pada Pilpres 2024.

"Wapres KH Ma’ruf Amin, konsisten mengambil posisi netral dalam kontestasi Pilres 2024, seperti sering disampaikan dalam berbagai kesempatan. Netralitas itu lah yang menjadi salah satu alasan wapres hadir dalam acara HUT PDIP, juga HUT Parpol yang lain," ujar Masduki dalam keterangannya, Rabu (10/1/2024).

Masduki mengatakan, gerakan tangan salam metal tiga jari itu hendaknya tidak dipersepsikan sebagai dukungan untuk salah satu pasangan calon presiden dan calon wakil presiden.

"Terkait salam metal (tiga jari) yang ditunjukkan wapres pada saat menghadiri HUT PDIP, tidak seharusnya dipersepsikan wapres mendukung pasangan Capres-Cawapres tertentu dalam kontestasi pilpres saat ini," kata dia.

Baca Juga: Jusuf Kalla soal Pose 3 Jari Ma'ruf Amin: Gak Apa, Jokowi Juga Gitu

3. Salam 3 jari Ma’ruf Amin bentuk keakraban dengan PDIP

TKN Prabowo-Gibran Hormati Sikap Wapres Ma'ruf Amin Salam 3 JariWakil Presiden, Ma'ruf Amin dalam acara HUT ke-51 PDIP. (youtube.com/PDI Perjuangan)

Menurutnya, Ma'ruf melakukan gerakan itu sebagai bentuk keakraban dengan PDI Perjuangan.

"Salam metal (tiga jari) tersebut murni salam keakraban, menghargai HUT PDIP. Salam tersebut sudah lama dipakai PDIP, metal menunjukkan akronim merah total, sebagai warna bendera partai," ucap dia.

Sebelumnya, Sekjen DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto mengatakan pose itu dilakukan karena keakraban antara Ma'ruf Amin dan Megawati.

"Jadi, kan persahabatan antara KH Ma'ruf Amin dan Ibu Mega kan sangat dalam, bahkan kedua pemimpin sering berdialog dan lihat karakter spiritualitasnya ini kan tidak jauh berbeda, sehingga tentu saja karena ini ulang tahun PDI Perjuangan suasana kebatinan ini juga ikut berbicara," ujar Hasto di Sekolah Partai DPP PDI Perjuangan, Lenteng Agung, Jakarta Selatan, Rabu (10/1/2024).

Topik:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya