Tunggu Anak dari Amerika, Jenazah Rizal Ramli Dimakamkan Kamis

Rizal Ramli wafat pada Selasa, 2 Januari 2024

Jakarta, IDN Times - Jenazah mantan Menko Bidang Maritim dan Sumber Daya Indonesia, Rizal Ramli, rencananya akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jeruk Purut, Jakarta Selatan, Kamis (4/1/2024).

Hal tersebut diungkap politisi senior PDIP, Hendrawan Supratikno, yang menanti kedatangan jenazah Rizal Ramli di rumah duka Jalan Bangka IX Nomor 49R, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan, Selasa (2/1/2024) malam.

“Saya dengar pemakamannya hari Kamis ya, karena menunggu anaknya dari Amerika. Ada waktu lah untuk menunggu anak dari Amerika,” kata Hendrawan.

Dalam kesempatan itu, Hendrawan juga mengenang memori bersama Rizal Ramli ketika menjadi delegasi ekonom Indonesia di acara ekonomi Asean di Hanoi, Vietnam pada tahun 2000.

"Saya ingat betul awal tahun 2000 kami pergi bersama-sama ikut acara ekonom se-Asean di Hanoi, Vietnam. Kemudian saya bersama beliau masuk tim Indonesia Bangkit, mengkritisi kebijakan ekonomi yang cenderung liberal," kata anggota Komisi IX DPR RI itu.

Ia mengaku sempat berkomunikasi dengan Rizal Ramli belum lama ini. Oleh karena itu, ia terkejut mendengar kabar bahwa pakar ekonomi Indonesia itu meninggal dunia akibat penyakit yang dideritanya.

"Kemudian terakhir saya bertemu Pak Rizal Ramli bulan Maret 2023, dan masih bertukar WA sampai November 2023, kepergiannya cukup mengejutkan saya," kata Hendrawan.

Ia menilai Rizal Ramli merupakan tokoh yang luar biasa dan berani menyampaikan kritik pedas terhadap pemerintah.

"Pak Rizal ini luar biasa sangat unik, dalam konteks Indonesia, karena beliau berani menyampaikan gagasan-gagasannya yang orisinal, secara konsisten dengan risiko yang tidak kecil. Itu sebabnya bangsa Indonesia kehilangan seorang figur bernama Rizal Ramli," kata dia.

Baca Juga: Sosok Rizal Ramli di Mata Eks Menkeu Chatib Basri: Ekonom Cemerlang

Topik:

  • Sunariyah

Berita Terkini Lainnya