Update, Polri Tetapkan 23 Anggota Khilafatul Muslimin Jadi Tersangka

Penangkapan dilakukan setelah Abdul Qadir Baraja diciduk

Jakarta, IDN Times - Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Pol Ahmad Ramadhan mengatakan, pihaknya telah menangkap 23 tersangka anggota organisasi Khilafatul Muslimin. Penangkapan dilakukan setelah Polda Metro Jaya menangkap pimpinan tertinggi Khilafatul Muslimin, Abdul Qadir Baraja.

Penangkapan pimpinan hingga anggota Khilafatul Muslimin juga terus dilakukan di tiap daerah.

“Sampai saat ini Polri telah melakukan penangkapan sebanyak 23 tersangka,” ujar Ramadhan dalam jumpa persnya di Mabes Polri, Selasa (14/6/2022).

Baca Juga: 5 Fakta Khilafatul Muslimin, Punya Nomor Induk Warga Pengganti KTP

1. Berikut rincian penangkapan di 5 daerah

Update, Polri Tetapkan 23 Anggota Khilafatul Muslimin Jadi TersangkaPolisi tangkap empat pimpinan Khilafatul Muslimin di wilayah Jawa Tengah (Jateng) dan Lampung. (dok. Humas Polri)

Ramadhan merincikan penangkapan 23 tersangka tersebut terdiri dari Polda Jawa Tengah sebanyak 6 tersangka, Polda Lampung 5 tersangka, Jawa Barat 5 tersangka, Jawa Timur 1 tersangka dan Polda Metro Jaya 6 tersangka.

“Polri terus melakukan pendalaman pergerakan kelompok organisasi Khilafatul Muslimin terkait dengan kekhilafahan berupa konvoi kendaraan dengan tujuan mensyiarkan khilafah yang dilakukan oleh jemaah Khilafatul Muslimin,” ujar Ramadhan.

Baca Juga: Polda Jabar Bidik Tersangka Baru Kelompok Khilafatul Muslimin

2. Densus 88 ikut memonitor pergerakan Khilafatul Muslimin

Update, Polri Tetapkan 23 Anggota Khilafatul Muslimin Jadi TersangkaPetugas Densus 88 Antiteror Mabes Polri. ANTARA FOTO/Ariesanto.

Ramadhan menjelaskan, Datasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Polri juga ikut memantau pergerakan Khilafatul Muslimin. Densus berperan melakukan pendampingan di tiap kepolisian daerah dalam menangani Khilafatul Muslimin.

“Perlu kami sampaikan bahwa asistensi dan monitoring juga dilakukan oleh Densus 88 untuk melakukan pendampingan polda-polda yang terjadi pelanggaran tadi,” ujar Ramadhan.

3. Terdapat puluhan ribu pengikut Khilafatul Muslimin

Update, Polri Tetapkan 23 Anggota Khilafatul Muslimin Jadi TersangkaPendiri Khilafatul Muslimin Abdul Qadir Baraja. Foto: Youtube Khilafatul Muslimin.

Sementara itu, Direktorat Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya menemukan data induk pengikut Khalifatul Muslimin se-Indonesia saat penggeledahan kantor pusat Khalifatul Muslimin di Lampung pada Sabtu (11/6/2022) lalu.

Kabid Humas Polda Metro Jaya, Kombes Pol Endra Zulpan mengatakan, penggeledahan itu dilakukan setelah menangkap dua tersangka berinisial AA dan IN.

“Dan kita temukan di situ data induk warga Khilafatul Muslimin se-Indonesia yang sampai sore ini kita temukan berjumlah mencapai puluhan ribu,” kata Zulpan di Polda Metro, Minggu (12/6/2022).

Zulpan menjelaskan, anggota Khalifatul Muslimin memiliki nomor induk warga (NIW) pengganti kartu tanda penduduk (KTP) yang diterbitkan Pemerintah Indonesia.

“Dan ada temuan menarik, mereka juga sudah nembuat nomor induk warga atau NIW yang digunakan Khilafatul Muslimin untuk menggantikan E-KTP yang diterbitkan pemerintah Indonesia,” ujar Zulpan.

Topik:

  • Rendra Saputra

Berita Terkini Lainnya