Viral! Alvin Lim Sebut Ferdy Sambo Tak Pernah Ditahan di Lapas Salemba

Alvin sebut Sambo tidur di ruang Kepala Pengamanan Lapas

Jakarta, IDN Times - Pengacara Alvin Lim membuat pernyataan heboh. Menurutnya, terpidana pembunuhan berencana Yoshua Hutabarat alias Brigadir J, yakni Ferdy Sambo, tak pernah menjalani penahanan di Lapas Salemba.

Hal itu ia ungkap dalam sebuah video wawancara bersama dokter Rochard Lee.

Awalnya, Alvin menceritakan soal kehidupannya selama ditahan di Rutan Salemba. Ia kini sudah bebas murni sejak 25 Desember 2023, usai menjalani penahanan 2 tahun penjara atas kasus dugaan pemalsuan surat.

"Saya kasih tahu Bapak satu hal ya, di situ yang menarik. Sambo bilangnya di rutan, di lapas Salemba kan. Dia tidak pernah ditahan di lapas Salemba. Namanya doang di situ,” kata Alvin dikutip YouTubes dr. Richard Lee, MARS oleh IDN Times, Kamis (4/1/2024).

1. Alvin Lim sebut Sambo tidur di kantor KPLP

Viral! Alvin Lim Sebut Ferdy Sambo Tak Pernah Ditahan di Lapas SalembaTerpidana pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J, Ferdy Sambo. (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Alvin Lim membeberkan jika suami Putri Candrawathi itu mendapatkan berbagai macam fasilitas khusus, termasuk tidur di salah satu kamar ber-AC yang ada di Gedung Kepala Kesatuan Pengamanan Lapas (KPLP).

“Itu si Sambo itu tidak pernah tidur di dalam penjara. Jadi di dalam kantor KPLP di atas. Gedung ruang ada AC, namanya doang di situ,” ujarnya.

Baca Juga: Jalan Panjang Persidangan Ferdy Sambo Cs

2. Kalapas Salemba bantah pernyataan Alvin Lim

Viral! Alvin Lim Sebut Ferdy Sambo Tak Pernah Ditahan di Lapas SalembaTerdakwa kasus pembunuhan berencana terhadap Nofriansyah Yousa Hutabarat atau Brigadir J, Ferdy Sambo menyapa pengunjung sebelum menjalani sidang di Pengadian Negeri Jakarta Selatan, Jakarta, Selasa (17/1/2023). Sidang tersebut beragendakan pembacaan tuntutan dari Jaksa Penuntut Umum. (ANTARA FOTO/Fauzan)

Sementara, Kalapas Kelas IIA Salemba, Beni Hidayat membantah pernyataan Alvin. Ia memastikan bahwa eks Kadiv Propam Polri itu telah menjalani masa pengenalan lingkungan (Mapenaling) terhitung tanggal 24 Agustus 2023 sampai 29 Agustus 2023

“Pernyataan itu jelas tidak benar dan tak mendasar. Sebagai Warga Binaan, Ferdy Sambo bin William Sambo tidak pernah ditahan di Lapas Salemba. Yang bersangkutan menjalani pidana di Lapas Salemba,” ujar Beni saat dikonfirmasi, Kamis (4/1/2024).

“Hanya saja kemudian yang bersangkutan dipindahkan ke Lapas Kelas II A Cibinong, berdasarkan Surat Kalapas Kelas II A Salemba perihal pemindahan 3 orang warga binaan ke Lapas Kelas II A Cibinong,” imbuhnya.

Ia juga membantah bahwa Ferdy Sambo tidur di ruang KPLP Salemba.

“Kami menyayangkan tuduhan bahwa Sambo tidur di ruang KPLP selama menjalani pidana di Lapas Salemba karena itu tuduhan yang ngawur. Sebagai Warga Binaan, Ferdy Sambo ditempatkan di Blok hunian Paviliun Saroso, Lantai I Ruang 23/Type 1. Kami ada dokumentasinya semua,” ujar Beni.

3. Pengacara Ferdy Sambo ancam tempuh proses hukum

Viral! Alvin Lim Sebut Ferdy Sambo Tak Pernah Ditahan di Lapas SalembaPengacara Ferdy Sambo, Arman Hanis (IDN Times/Irfan Fathurohman)

Menanggapi pernyataan Alvin Lim, pengacara Ferdy Sambo, Arman Hanis meminta agar tidak ada lagi penggiringan opini yang menyeret nama kliennya. Apalagi dengan isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Apabila masih ada yang menggiring nama klien kami dengan berita yang tidak benar maka kami akan menempuh proses hukum terhadap pihak-pihak tersebut,” kata Arman saat dikonfirmasi.

Ia pun menjelaskan, Sambo selama berada di Lapas Salemba menempati ruang tahanan sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Kini ia telah dipindah ke Lapas Cibinong sejak 12 September 2023.

“Kepatuhan terhadap hukum ini sudah ditunjukkan sejak awal oleh klien kami termasuk pada pelaksanaan putusan sejak berkekuatan hukum tetap,” imbuhnya.

Topik:

  • Ilyas Listianto Mujib

Berita Terkini Lainnya