Comscore Tracker

Wapres Harap K-Pop Menginspirasi Anak Bangsa untuk Go International

Kapan nih budaya Indonesia bisa dibanggakan di luar negeri?

Jakarta, IDN Times - Wakil Presiden Ma’ruf Amin mengatakan, budaya Korea yang didiseminasi di Indonesia melalui K-Pop (musik pop Korea) dan film drama Korea (Drakor) memiliki potensi untuk meningkatkan kreativitas generasi muda Indonesia dalam membawa budaya Indonesia untuk ‘go international’.

“Saat ini anak muda di berbagai pelosok Indonesia juga mulai mengenal artis K-Pop dan gemar menonton drama Korea. Maraknya budaya K-Pop diharapkan juga dapat menginspirasi munculnya kreativitas anak muda Indonesia dalam berkreasi dan mengenalkan keragaman budaya Indonesia ke luar negeri,” kata Wapres, acara Peringatan 100 Tahun Kedatangan Warga Korea di Indonesia melalui konferensi video di kediaman resmi Wapres, Minggu (20/9/2020).

1. Wapres sebut hubungan sosial budaya antara Korea dan Indonesia memiliki daya tarik yang tinggi

Wapres Harap K-Pop Menginspirasi Anak Bangsa untuk Go InternationalPertunjukkan K-Pop di Kyotoku. (IDN Times/Bagus F)

Ma’ruf menjelaskan, dengan banyaknya produk Korea yang diproduksi di Indonesia dapat menjadi momentum pembelajaran bagi anak-anak bangsa untuk dapat menciptakan produk dengan kualitas yang baik dan berdaya saing.

Sehingga, dalam jangka panjang diharapkan dapat mendorong proses industrialisasi Indonesia. Di sisi lain, Wapres melihat hubungan sosial budaya antara Korea dan Indonesia sekarang ini memiliki daya tarik yang tinggi bagi generasi Korea.

Baca Juga: Temui Wapres, Erick Thohir Sebut 330 Juta Vaksin Halal Siap di 2021

2. Wapres berharap ada kerja sama yang baik Indonesia-Korea di bidang teknologi

Wapres Harap K-Pop Menginspirasi Anak Bangsa untuk Go InternationalMaruf Amin dalam Rapat Terbatas yang dilaksanakan di Istana Merdeka Jakarta pada Selasa (21/7/2020) (Dok. IDN Times/Biro Pers Kepresidenan)

Ma’ruf Amin mengatakan, Indonesia dan Korea memiliki hubungan yang erat. Sejarah mencatat, kedatangan warga Korea ke Indonesia terjadi sebelum kemerdekaan dan beberapa di antaranya membantu perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Oleh karena itu, menurutnya, hubungan yang telah terjalin baik ini harus ditingkatkan, salah satunya melalui kerja sama di bidang teknologi di mana Indonesia bisa belajar banyak dari Korea.

“Indonesia bisa banyak belajar dari Korea. Investasi dan alih teknologi diharapkan bisa membuat produk Indonesia semakin meningkat kualitasnya, bisa diekspor ke luar negeri. Hingga diharapkan juga makin banyak produk-produk Indonesia bisa diterima di Korea,” ujar Ma’ruf.

3. Peringatan 100 tahun kedatangan warga Korea di Indonesia jadi momentum mempererat kerja sama

Wapres Harap K-Pop Menginspirasi Anak Bangsa untuk Go InternationalWakil Prasiden RI Ma’ruf Amin pimpin rapat percepatan pembangunan industri halal, Istana Wapres, Jakarta, Jumat (3/7/2020). (Dok. Setwapres)

Oleh karena itu, Wapres pun menyampaikan harapannya agar kemitraan yang telah dibentuk antara Indonesia dan Korea di banyak bidang dapat memberi manfaat bagi kedua negara dan dapat menjadi fondasi dalam memperkuat persahabatan keduanya, baik secara formal kenegaraan maupun secara non formal antar warganya.

“Ke depan, diharapkan hubungan baik ini semakin memberi manfaat bagi warga kedua negara. Peringatan 100 tahun kedatangan warga Korea di Indonesia ini merupakan momen penting untuk semakin meningkatkan hubungan dan kerja sama yang baik antara kedua negara,” ujarnya.

Baca Juga: Curhat Prabowo ke Wapres: Indonesia Jago Nembak, tapi Gak Punya Peluru

Topic:

  • Dwifantya Aquina

Berita Terkini Lainnya